Makan Terlalu Cepat Ternyata Bikin Anda Gemuk


REPUBLIKA, JAKARTA--Percayakah anda jika makan terlalu cepat menyebabkan kegemukan? Temuan penelitian di Selandia Baru mengatakan demikian. Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Dietetic Association, para peneliti menemukan bahwa wanita berusia 40-50 yang makan cepat lebih cenderung menjadi gemuk daripada yang makan lambat.
Bahkan, menurut penelitian di Jepang sebelumnya, makan cepat bisa menyebabkan dua kali lipat resiko kelebihan berat badan. Universitas Osaka memantau kebiasaan makan dari 3.000 orang. Mereka menemukan kesimpulan 84 persen laki-laki yang makan cepat, lebih mungkin untuk mengalami kegemukan.
"Makan terlalu cepat membuat otak kita tidak menyadari bahwa perut sudah penuh,"kata  profesor fisiologi metabolik di Universitas Nottingham, Ian McDonald.
Pada saat yang sama, hormon ghrelin yang memberi sinyal ketika perut merasa lapar menurun. "Diperlukan waktu selama 20 menit setelah anda mulai makan, sampai pesan untuk berhenti sampai ke otak. Sederhananya, makan terlalu cepat, dan Anda cenderung memenuhi perut dengan makanan berlebih,” kata McDonald.
Konsultan pencernaan di Klinik London dan Rumah Sakit St Mark di London, David Forecas mengatakan makan terlalu cepat juga meneyebabkan perut kembung. “Banyak udara yang tertelan sehingga perut menjadi tidak nyaman,”kata dia. Menurutnya, orang rata-rata membutuhkan waktu minimal 20 menit untuk makan.

Sunda


Urang Sunda
Urang Sunda mangrupa salah sahiji séké sélér nu ngeusi utamana bagian kulon pulo Jawa, populasi kadua panglobana di Indonésia. Luyu jeung sajarahna, urang Sunda lolobana sumebar di lemah caina nu kiwari sacara administratif sumebar di propinsi Jawa Kulon, Banten, Jawa Tengah, DKI Jakarta, jeung Lampung kidul. Lian ti éta, program transmigrasi ti Tatar Sunda ka sababaraha wewengkon di Kalimantan jeung Sulawesi ogé ngahasilkeun kantong-kantong masarakat Sunda, katambah ku pribadi-pribadi nu sumebar di sakuliah dunya, nu utamana kadorong ku motif ékonomi.

Basa

Umumna mah urang Sunda maké basa Sunda (aya sababaraha basa wewengkon, nu masing-masing boga ciri) dina paguneman sapopoé, ngan ka dieunakeun, basa Sunda téh beuki kadéséh ku basa gaul lianna, utamana ku basa Indonésia salaku basa nasional di Indonésia. Di wewengkon wates atawa nu sacara tradisional loba sélér séjén (Jawa), ilahar ogé dipaké basa campuran (Jawa Réang, Jawa Sérang), gumantung jeung saha ngobrolna. Kadéséhna basa Sunda ku basa Indonésia dipangaruhan ku sababaraha hal, di antarana kusabab basa Sunda teu kungsi dipakéna sacara formal, ayana béda basa wewengkon nu kadang dianggap nyusahkeun (sieun salah), sarta lobana sélér séjén nu datang ka Tatar Sunda.

Budaya

Numutkeun sajarahna, cenah mah urang Sunda téh boga dasar budaya huma, sahingga condong ka solitér. Titinggal kaadaban kolot kapanggih di wewengkon sisi Situ Bandung Purba, Guha Pawon, sarta sababaraha situs arkéologi mangrupa kabuyutan/pamujaan mégalitik. Di Nusantara/Indonésia, bukti arkéologis nunjukkeun yén kaadaban tulis pangkolotna téh aya di Tatar Sunda. Karajaan-karajaan Sunda nu kacatet dina sajarah atawa katalungtik titinggalna aya sababaraha karajaan, di antarana Salakanagara, Kendan, Tarumanagara, Sunda, Galuh, Sumedanglarang, Cirebon, jeung Banten.

Ageman

Numutkeun titinggal arkéologis sarta naskah-naskah Sunda kuna nu tos katalungtik, urang Sunda jaman baheula boga ageman monotéis, nu ka dieunakeun kapangaruhan/katambah ku ajaran Hindu, Buda, Islam, jeung Kristen. Ageman pituin urang Sunda (Sunda Wiwitan) bisa kénéh ditempo di Kanékés, Banten, nu ti jaman baheula ngurung manéh tina kamodérenan. Kiwari, kalolobaan urang Sunda ngagem Islam.

Upajiwa

Alam Sunda nu taneuhna subur ngarojong ka urang Sunda kana hirup tatanén, boh anu mangrupi: sawah, huma, pakebonan sayur, jeung leuweung produksi. Ka dieunakeun, ku mekarna industri jeung dagang, pakasaban urang Sunda jadi rupa-rupa sakumaha ilaharna bangsa lian.

Stratifikasi sosial

Urang Sunda mah cenah katelah égalitér, kagambarkeun tina basa nu dipaké ku gegedén karajaan jeung cacah dina carita-carita tradisional nu teu wanoh kana undak-usuk atawa tingkatan basa. Kadieunakeun, utamana ti saprak dijajah Mataram, "kamonésan" Sultan Agung dina nyiptakeun undak-usuk basa ditiron ku para ménak Sunda, nu hasilna mangrupa jungkrang antara ménak jeung cacah. Dina jaman dijajah Walanda, dua tingkat sosial ieu kasambung ku istilah priyayi, golongan pagawé pamaréntahan (birokrat, militér, jeung guru) nu sabenerna mah lolobana kaasup golongan ménak kénéh. Dina awal abad ka-20, strata sosial ieu beuki luntur, komo sanggeus jaman kamerdikaan mah. Najan kitu, nepi ka kiwari, watek féodal téh kadang sok kaciri kénéh aya dina kahirupan urang Sunda.

Kasenian

Kasenian Sunda anu masih populér di masarakat di antarana Wayang Golék, tembang Cianjuran, penca, rupa-rupa ibing (jaipongan, tari merak, jsb.), calung, degung, angklung, carita pantun, beluk, jsb.

Ngaran 

Kangaranan Urang Sunda

Urang Sunda mah ilaharna maké ngaran anu basajan, kadang cukup ku sakecap, bari jeung pondok. Ku ayana pangaruh Islam anu kuat, urang Sunda loba nu maké ngaran nu nyokot tina 'asma'ul husna' digabung jeung landihan tradisional. Mun dua kecap, kadang sok maké pola "tolong-menolong" (suku kecap nu diulang), misalna Cécép Gorbacép, Asép Gumasép, Didin Saépudin, jsb. Tapi, kitu sotéh ti golongan cacah, sabab pikeun golongan ménak mah (baheula), biasana mah ngaranna diwangun ku dua kecap, sahingga rada panjang. Misalna baé Umar Wirahadikusumah, Ginanjar Kartasasmita, Huséin Jayadiningrat, Huséin Sastranegara, jsb.

Inohong Sunda

  • Pra-Indonésia
    • (can dieusian)
  • Inohong Nasional (Indonésia)
    • (can dieusian)
  • Seniman
    • (can dieusian)
  • Lianna
    • (can dieusian)
·         Masarakat Sunda tradisional geus wanoh jeung istilah sajarah, carita, jeung wawacana, nu sadayana nuju ka karya nu ngadadarkeun sajarah ngeunaan hiji hal.
·         Catetan sajarah ngeunaan tatar Sunda nu leuwih heubeul, kapanggih dina prasasti-prasasti. Anu pangheubeulna téh nyaéta prasasti Tugu, titinggal Purnawarman (395-434), raja Tarumanagara ahir abad ka-4/awal abad ka-5.
·         Dadaran sajarah Sunda pangkolotna nu geus kapanggih nepi ka ayeuna nyaéta Carita Parahyangan, ditulis kira taun 1580 M. Salajengna, naskah-naskah nu medar sajarah di antarana Carita Ratu Pakuan, Carita Waruga Guru, jeung Carita Waruga Jagat. Karya-karya ieu lolobana dijieun dina mangsa masih ngadegna karajaan Sunda.

Untukmu Nenden Nisa Vianitasari


Jika Aku Jatuh Cinta Lagi
Ya Rabb…
jika kelak aku jatuh cinta lagi,
cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya padaMu agar bertambah kekuatanku tuk mencintaiMu, dan jagalah cintaku padanya agar tak melebihi cintaku padaMu…

Ya Allah…
jika kelak aku jatuh hati lagi,
izinkanlah ku menyentuh hati seseorang yang hatinya tertaut padaMu agar tidak terjatuhku dalam jurang cinta semu, dan jagalah hatiku darinya agar ku tak berpaling dari hatiMu…

Ya Tuhanku…
aku tidak meminta seseorang yang sempurna dari sisiMu, tidak ya Rabb…
karena Engkau pun pasti Maha Mengetahui sesungguhnya keadaanku,
Engkau tahu dulu aku ini hanyalah musuhMu yang pernah singgah di jurang nerakaMu,
dan akupun tahu, tiada seorangpun yang sempurna di dunia ini dari kesalahan atau kekurangan,
maka, aku meminta padaMu seorang yang tak sempurna ya Rabb, sehingga ia merasa sempurna ketika diriku hadir dalam kehidupannya karenaMu…

seseorang yang kan kusayangi karena kelembutan hatinya
seseorang yang kan kucintai karena keindahan akhlaknya
seseorang yang kan kukasihi karena kehalusan budinya
seseorang yang kan kukagumi karena kesantunan sikapnya
seseorang yang kan kupuja karena kerendahan hati dan kesederhanaannya
seseorang yang mau menerimaku setulus hatinya…
yang tak akan pernah ku menduakan cintanya hingga akhir hayatku tiba…

seseorang yang kan ku hibur hatinya bila ia bersedih
seseorang yang kan ku seka air matanya ketika dia menangis
seseorang yang kan ku jadikan pundakku tempatnya bersandar saat dia lelah
seseorang yang kan ku dengar seksama segala kesahnya
seseorang yang kan ku pertaruhkan nyawaku demi menjaga kehormatannya
seseorang yang ketulusan dan kesetiaan hati ini hanyalah untuknya…
yang kan slalu kujanjikan membersamainya hingga malaikat maut menjemputku tiba…

Ya Rabb…
wahai Tuhan yang memegang rahasia segala sesuatu, jadikanlah aku ridha terhadap apa-apa yang Engkau tetapkan dan jadikan barakah apa-apa yang Engkau takdirkan, sehingga tak ingin ku menyegerakan apa-apa yang masih Engkau tunda, atau menunda apa-apa yang Engkau segerakan…
wahai Tuhan yang memegang hikmah segala sesuatu, andai Engkau berkehendak lain.
sesungguhnya sebenar-benarnya kehidupan adalah kehidupan akhirat, maka jadikanlah kehendakMu… bukan kehendakku…
sesungguhnya aku tidak mengetahui, sedangkan Engkau Maha Mengetahui,
takdirkanlah kebaikan bagiku dimanapun adanya, dan jadikanlah hatiku meridhainya…


Ya Rabb…
jika kelak aku jatuh cinta lagi, jangan biarkan aku jatuh cinta seperti halnya sekarang ini yaitu ketika aku aku mencintainya dia malah menyakiti hatiku. namanya "Nenden Nisa Vianitasari".

Ketika Wanita Menangis


Ketika wanita menangis,,
Itu bukan berarti dia sedang mengeluarkan senjata terampuhnya..
Melainkan justru berarti dia sedang mengeluarkan senjata terakhirnya..
Ketika wanita menangis,,
Itu bukan berarti dia tidak bisa menahannya..
Melainkan karena pertahanannya sudah tak mampu lagi membendung air matanya..

Dan ketika wanita menangis,,
Itu bukan berarti dia ingin terlihat lemah..
Melainkan  karena dia sudah tak sanggup lagi berpura-pura kuat..

Jika seorang wanita menangis dihadapanmu, Itu berarti dia tak dapat menahannya lagi.
Jika kamu memegang tangannya saat dia
menangis,
Dia akan tinggal bersamamu sepanjang hidupmu.
Jika kamu membiarkannya pergi,
Dia tidak akan pernah kembali lagi menjadi dirinya
yang dulu.
Selamanya….
Seorang wanita tidak akan menangis dengan
mudah,
Kecuali didepan orang yang amat dia sayangi.
Dia menjadi lemah.
Seorang wanita tidak akan menangis dengan
mudah,
Hanya jika dia sangat menyayangimu,
Dia akan menurunkan rasa egoisnya.
Jika seorang wanita pernah menangis karena mu,
Tolong pegang tangannya dengan pengertian.
Dia adalah orang yang akan tetap bersamamu
sepanjang hidupmu.
Jika seorang wanita menangis karenamu.
Tolong jangan menyia-nyiakannya.
Mungkin karena keputusanmu, kau merusak
kehidupannya.
Saat dia menangis didepanmu,
Saat dia menangis karnamu,
Lihatlah matanya….
Dapatkah kau lihat dan rasakan sakit yang dirasakannya?
Pikirkan….
Wanita mana lagikah yang akan menangis
dengan murni, penuh rasa sayang,
Didepanmu dan karenamu……
Dia menangis bukan karena dia lemah
Dia menangis bukan karena dia menginginkan
simpati
atau rasa kasihan
Dia menangis,Karena menangis dengan diam-diam
tidaklah memungkinkan lagi.
Pikirkanlah tentang hal itu.
Jika seorang wanita menangisi hatinya untukmu,
Dan semuanya karena dirimu.
Inilah waktunya untuk melihat apa yang telah kau
lakukan untuknya.
Hanya kau yang tahu jawabannya….
Pertimbangkanlah, Karena suatu hari nanti
Mungkin akan terlambat untuk menyesal,
Mungkin akan terlambat untuk bilang ‘MAAF’

Pendekatan dan Strategi Dakwah


Segala persoalan bisa dilihat atau dipahami dari sudut pandang tertentu. Sudut pandang inilah yang disebut pendekatan. Sebuah pendekatan melahirkan sebuah strategi yaitu semua cara untuk mencapai tujuan yang di tetapkan, setiap strategi menggunakan beberapa metode dan setiap metode membutuhkan teknik, yaitu cara yang lebih spesifik dan lebih operasional. Selanjutnya setiap teknik membutuhkan taktik, yaitu cara yang lebih spesifik lagi dari teknik dan masing-masing istilah tersebut harus bergerak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, ada ketentuan umum yang diikuti oleh semua istilah dan ada pula ketentuan khusus yang berlaku untuk suatu istilah tertentu, ketentuan ini dinamakan prinsip.
Dewasa ini banyak para da'i / muballigh yang berdakwah tanpa mengetahui pendekatan apa yang dia gunakan , sehingga tujuan dakwah itu sendiri kurang spesifik dan efektif
Oleh karena itu sebagai mahasiswa fakultas dakwah yang pasti menjadi da'I / muballigh patutlah kita mengetahui dari pendekatan mana kita berdakwah.
A. Pengertian dan Jenis-Jenis Pendekatan
Pendekatan dakwah adalah titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses dakwah
 Menurut Toto Tasmara: pendekatan dakwah adalah cara-cara yang dilakukan oleh seorang muballigh (komunikator) untuk mencapai suatu tujuan tertentu atas dasar hikmah dan kasih sayang.
 Menurut Sjahudi ada 3 jenis pendekatan:
 Pendekatan Budaya
 Pendekatan Pendidikan
 Pendekatan Psikologi
Dan pendekatan-pendekatan ini melihat lebih banyak para kondisi mitra dakwah oleh karenanya pendakwah, metode dakwah, pesan dakwah, dan media dakwah harus menyesuaikan pada kondisi mitra dakwah.
Sedangkan pendekatan yang terfokus pada mitra dakwah lainnya adalah dengan menggunakan bidang-bidang kehidupan sosial kemasyarakatan.
Pendekatan dakwah model ini meliputi:
 Pendekatan Sosial-Politik
 Pendekatan Sosial-Budaya
 Pendekatan Sosial-Ekonomi
 Pendekatan Sosial-Psikologi
Semua pendekatan diatas bisa di sederhanakan dengan 2 pendekatan yaitu:
- Pendekatan dakwah struktual
- Pendekatan dakwah cultural
Untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang sejahtera dan religius, dakwah bisa menggunakan pendekatan struktural atau pendekatan politik. Harus ada para politikus dalam legislatif yang berjuang untuk membuat undang-undang yang menjamin kehidupan yang lebih islami. Dibutuhkan pula politikus dalam eksekutif yang menjalankan pemerintahan berdasarkan produk hukum tersebut bisa juga menggunakan pendekatan kultural atau social-budaya dengan membangun moral masyarakat melalui cultural atau social-budaya
Selain itu ada pendekatan lain yang melibatkan semua unsur dakwah, dan bukan hanya mitra dakwah, yaitu:
 Pendekatan yang terpusat pada pendakwah: menuntut unsure-unsur dakwah lainnya menyesuaikan atau bekerja sesuai dengan kemampuan pendakwah. Pesan dakwah manakah yang mampu dikuasai pendakwah, mhetode dakwah manakah yang mampu digunakan oleh pendakwah, dan media dakwah manakah yang mampu dimanfaatkan pendakwah.
 Pendekatan yang terpusat pada mitra dakwah: memfokuskan unsure-unsur dakwah pada upaya penerimaan mitra dakwah, siapakah pendakwah yang cocok bagi mitra dakwah dengan tipologi tertentu, manakah pesan dakwah yang paling dibutuhkan mitra dakwah, serta metode dan media dakwah yang bagaimana kah dapat menggugah hati mitra dakwah.
B. Strategi Dakwah
Strategi adalah perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan dakwah tertentu.
Al-Bayanuni membagi strategi dakwah menjadi 3 bagian yaitu:
1. Strategi Sentimentil
2. Strategi Rasional
3. Strategi Indriawi
Dan Al-qur'an sendiripun mengisyaratkan 3 strategi dakwah, yaitu:
1. Strategi Tilawah
2. Strategi Tazkiyah
3. Strategi Ta'lim
C. Metode dan Teknik Dakwah
Metode dakwah adalah cara yang ditempuh oleh pendakwah dalam berdakwah atau cara menerapkan strategi dakwah, sedangkan teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode.
Untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan, kita memerlukan metode. Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan metode adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan strategi, dalam setiap penerapan metode, dibutuhkan beberapa teknik.
Pada garis besarnya, bentuk dakwah ada 3 yaitu:
a. Dakwah Lisan (da'wah bil al-lisan)
b. Dakwah Tulis (da'wah bil al-qolam)
c. Dakwah Tindakan (da'wah bil al-hal)
Berdasarkan ketiga bentuk dakwah tersebut, maka metode dan teknik dakwah dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
 Metode Ceramah
 Teknik pesiapan ceramah
 Teknik penyampaian ceramah
 Teknik penutupan ceramah
 Metode Diskusi
 Manfaat dan macam-macam diskusi
 Teknik pelaksanaan diskusi
 Metode Konseling
 Teknik non derektif
 Teknik direktif
 Teknik elektik
 Metode Karya Tulis
 Teknik penulisan
 Teknik penulisan surat (korespondensi)
 Teknik pembuatan gambar
 Metode Pemberdayaan Masyarakat
 Teknik non partisipasi
 Teknik tekonisme
 Teknik partisipasi / kekuasaan masyarakat
 Metode Kelembagaan
 Manejemen SDM pengurus lembaga dakwah (man)
 Manejemen keuangan lembaga dakwah (money)
 Manejemen strategi lembaga dakwah (method)
 Manejemen sarana lembaga dakwah (machine)
 Manejemen produk lembaga dakwah (material)
 Manejemen pemasaran lembaga dakwah (market)
D. Taktik Dakwah
Taktik adalah gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu.
Taktik sifatnya individual,m masing-masing pendakwah memiliki taktik yang dalam menggunakan teknik yang sama, setiap pendakwah yang menjalankan kegiatan dakwah masing-masing memiliki pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan ini juga berlaku saat menghadapi mitra dakwah yang berbeda. Dengan demikian keberhasilan dakwah lebih bersifat kasuistik. Keberhasilan dakwah dengan suatu metode dan teknik belum tentu sukses dalam dakwah yang lain.
Taktik dakwah dapat menjadi identitas individu, setiap orang cenderung pada taktik tertentu, meski taktik yang lain bisa dilakukannya. Ada taktik dominant dalam diri kita, sehingga ini yang sering muncul dari kita, baik disadari maupun tidak disadari, taktik hamper bersama dengan karakter kita.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1. Pendekatan dakwah adalah titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses dakwah. Jenis-jenis pendekatannya yakni :
a) Pendekatan budaya
b) Pendekatan pendidikan
c) Pendekatan psikologi
2. Strategi dakwah adalah perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang didesain untu tujuan dakwah tertentu.
3. Metode dakwah adalah cara yang ditempuh oleh pendakwah atau cara menerapkan stetrategi dakwah, diantara strategi dakwah adalah :
a) Metode ceramah
b) Metode diskusi
c) Metode konseling
d) Metode karya tulis
e) Metode pemberdayaan masyarakat
f) Metode kelembagaan
4. Tehnik dakwah bersifat individual, masing-masing pendakwah memiliki taktik yang berbeda dalam menggunakan teknik yang sama.
B.     Saran
Ungkapan terima kasih kepada pembaca dan pendengar makalah ini , dan partisipasi dari kalian sangat pemakalah harapkan, Karen makalah ini masih dari yang namanya sempurna. Dan terutama bagi bapak Moh. Rofiq selaku pengampuh materi kuliyah sejarah dakwah beribu terima kasih dan maaf. Karena apa jadinya kami kalau tanpa bimbingannya, dan untuk kesabarannya dalam mendidik kami