Makalah Bahasa Arab Jihad Sesungguhnya



MAKALAH
JIHAD
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah “ Bahasa Arab

Oleh:
Jaka Billal Gumbira
Indriyani Masrokah    

JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas Jihad.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.
Bandung,    November 2011

    Penulis 

DAFTAR ISI
Kata Pengantar …………………………………………………………………......      i
Daftar Isi …………………………………………………………………................      ii
BAB I Pendahuluan …………………………………………………………………     1
BAB II Pembahasan …………………………………………………………………     3
A.    Pengertian Jihad...............................................................................................    3
B.    Hukum Jihad....................................................................................................    4
C.    Macam-macam Jihad...................................................................................... .    7
D.    Maksud dan Tujuan Jihad................................................................................    10
BAB III Kesimpulan …………………………………………………………………    13
Daftar Pustaka ………………………………………………………………………      14

  

BAB I
الفصل الأول
Pendahuluan
مقدمة
Kebaikan dan keburukan sama-sama bersanding dalam setiap jiwa manusia.
الخير وخبث هي عض على قدم المساواة في كل نفس بشرية
Allah mengilhami jiwa manusia dengan kedurhakaan dan ketakwaan.
$ygyJolù;r'sù $yduqègéú $yg1uqø)s?ur ÇÑÈ  
Begitu firman Allah dalam surat Asy-syams ayat 8, yang artinya diri manusia memiliki potensi kebaikan dan keburukan . Seperti itu jugalah sifat masyarakat dan negara yang tertidiri dari banyak individu. Keburukan mendorong pada kesewenang-wenangan, sedangkan kebajikan mengantarkan pada keharmonisan. Saat terjadi kesewenang-wenangan, kebajikan berseru dan merintih untuk mencegahnya. Dari sanalah lahir perjuangan, baik di tingkat individu maupun di tingkat masyarakat dan negara. Demikian  itulah ketetapan Ilahi. Kami tidak menciptakan langit dan bumi, dan segala yang ada di antar keduanya bermain-main. Sekiranya Kami hendak membuat suatu permainan, tentulah Kami membuatnya dari sisi Kami. Jika Kami menghendaki berbuat demikian (tentulah Kami telah melakukannya). Sebenarnya Kami melontarkan yang hak kepada yang batil, lalu yang hak itu menghancurkannya, maka dengan serta merta yang batil itu lenyap. Dan kecelakaan bagi kamu menyifati (Allah dengan sifat yang tidak layak). (QS Al-Anbiya`: 16-18).
حتى أن كلمة الله في شمس الآية ۸، مما يعني أن البشر لديه القدرة على الخير وحقد. كما أنها أيضا طبيعة المجتمع وتيرتيديري الدولة للعديد من الأفراد. القبح الدفع على التعسف، بينما كان يلقي على الوئام الفضيلة. الحدث، فضائل والتعسف مصيح ويمبيرينج لمنعه. ومن هناك ولد الكفاح، سواء على مستوى الفرد وعلى مستوى المجتمع والدولة. هذا هو "الأمر الإلهي".
$tBur $oYø)n=yz uä!$yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur $tBur $yJåks]÷t/ tûüÎ7Ïè»s9 ÇÊÏÈ   öqs9 !$tR÷Šur& br& xÏ­G¯R #Yqølm; çm»tRõsƒªB^w `ÏB !$¯Rà$©! bÎ) $¨Zà2 tû,Î#Ïè»sù ÇÊÐÈ   ö@t/ ß$Éø)tR Èd,ptø:$$Î/ n?tã È@ÏÜ»t7ø9$# ¼çmäótBôuŠsù #sŒÎ*sù uqèd ×,Ïd#y 4 ãNä3s9ur ã@÷ƒuqø9$# $£JÏB tbqàÿÅÁs? ÇÊÑÈ  
Islam datang membawa nilai-nilai kebaikan dan menganjurkan manusia agar menghiasi diri dengannya, serta memerintahkan manusia agar memperjuangkannya hingga mengalahkan kebatilan. Atau seperti bunyi ayat diatas, melontarkan yang hak kepada yang batil hingga mampu menghancurkannya. Tapi hal itu tidak dapat terlaksana dengan sendirinya, kecuali melalui perjuangan. Bumi adalah gelanggang perjuangan (jihad) menghadapi musuh. Karena itu , al-jihadu madhin ila yaum al-qiyamah (perjuangan berlanjut hingga hari kiamat).
 الإسلام جاء لتحقيق قيم العطف الإنساني ودعا إلى التي تزين أنفسهم معه، وأمر الرجل أن قضيتها هزيمة الباطل. أو مثل فقرة أعلاه، الحق في رمي سيئة حتى قادراً على تدميرها. ولكن فإنه لا يمكن القيام بهذه المهمة بنفسها، ما عدا عن طريق النضال. ويواجه الأرض النضال العدو للاستاد. لذلك، استمرت النضال حتى يوم القيامة.
Istilah  Al-Quran untuk menunjukkan perjuangan adalah kata jihad. Sayangnya, istilah ini sering disalah pahami atau dipersempit artinya.
ومصطلح القرآن لإظهار النضال هو كلمة الجهاد. ولسوء الحظ، المصطلح غالباً ما يتعرضون لفهم أو ضاقت فإنه يعني.




BAB II
الفصل الثاني
Pembahasan
المناقشة
A.    Pengertian Jihad
  المعني والشعبة للجهاد
Kata jihad terulang dalam Al-Quran sebanyak empat puluh satu kali dengan berbagai bentuknya. Menurut Ibnu Faris dalam bukunya Mu'jam Al-Maqayis fi Al-Lughah, "Semua kata yang terdiri dari huruf j-h-d, pada awalnya mengandung arti kesulitan atau kesukaran dan yang mirip dengannya."
كلمة الجهاد يعيد نفسه في القرآن ما يصل إلى واحد وأربعين مرة مع مجموعة متنوعة من أشكاله. وفقا لما ذكره ابن فارس في بلده المعجم الـ-ماكيس فأي الـ-اللغة، "جميع الكلمات التي تتكون من ي-ح-د أو صعوبة معنى أصلاً أو الشدائد وشبيه له."

Kata jihad di dalam bahasa arab, adalah mashdar dari kata:
جاهد يجاھد وجهادا Yang merupakan turunan dari kata الجهد yang berarti: kesulitan atau kelelahan karena melakukan perlawanan yang optimal terhadap musuh.
كلمة الجهاد في اللغة العربية، وماشدار الكلمة:
وجهادا يجاھد جاهد المستمد من الجهد كلمة مما يعني: صعوبة أو التعب نظراً للمقاومة ضد عدو الأمثل.
Kemudian secara Istilah, Jihad memiliki makna berjuang dengan sunggug-sungguh di jalan Allah seseuai dengan syari’at Islam. Tujuan utama jihad adalah untuk menegakkan dan menjaga agama Allah dengan cara-cara sesuai dengan garis perjuangan Rasul dan Al-Quran.
في وقت لاحق في المصطلح الجهاد لها معنى، تناضل مع الـ سونجوج-هو لمن سيسيواي الله "الشريعة الإسلامية". والغرض الرئيسي من الجهاد هو التمسك والمحافظة على دين الله بطرق مناسبة لخط النضال من الأنبياء والرسل والقرآن الكريم.
Dari pengertian diatas, sesungguhnya jihad dapat diterjemahan dalam hal yang sangat luas. Jihad tidak hanya terbatas pada pengertian perang angkat senjata saja. Akan tetapi, jihad adalah wujud penghambaan seseorang terhadap Yang Maha Kuasa sesuai dengan kemampuan yang ia miliki.
مما سبق، يمكن الفهم الحقيقي للجهاد ديتيرجيماهان من زاوية واسعة جداً. الجهاد لا يقتصر على الإحساس بالحرب السلاح فقط. ومع ذلك، هو الجهاد شكلاً من أشكال العبودية لشخص أقوى وفقا لقدراتهم لديه.
Pemahaman yang menganggap bahwa jihad haruslah perang adalah pemahaman yang sangat sempit. jihad memiliki varian yang sangat banyak. Jihad meliputi segala sendi kehidupan manusia. Dimana ada peluang untuk menegakkan ajaran Tuhan, disitulah kewajiban jihad ada.
يجب أن يعتبر الجهاد فهم أن الحرب فهما ضيقاً جداً. الجهاد بمجموعة كبيرة من المتغيرات. الجهاد ويشمل جميع جوانب الحياة البشرية. حيث توجد فرص التمسك بتعاليم الرب، وهذا أين الالتزام بالجهاد.
B.     Hukum Jihad
حكم الجهاد
Hukum jihad adalah fardhu (wajib) dengan dasar firman Allah al-Qaahir:
“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci.
Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” [Al-Baqarah: 216]
                                  : الجهاد القانوني هو فرض على أساس من كلمة الله
|=ÏGä. ãNà6øn=tæ ãA$tFÉ)ø9$# uqèdur ×nöä. öNä3©9 ( #Ó|¤tãur br& (#qèdtõ3s? $\«øx© uqèdur ׎öyz öNà6©9 ( #Ó|¤tãur br& (#q6Åsè? $\«øx© uqèdur @ŽŸ° öNä3©9 3 ª!$#ur ãNn=÷ètƒ óOçFRr&ur Ÿw šcqßJn=÷ès? ÇËÊÏÈ
Ayat ini merupakan penetapan kewajiban jihad dari Allah bagi kaum Muslimin, agar mereka menghentikan kejahatan musuh dari wilayah Islam.
هذه الفقرة هي تحديد واجب الجهاد الله للمسلمين، حيث أن يوقفوا العدو الشرير للإسلام.
Muhammad bin Syihab az-Zuhri berkata: ‘Jihad itu wajib bagi setiap individu, baik yang dalam keadaan berperang maupun yang sedang duduk (tidak ikut berperang). Orang yang sedang duduk, apabila dimintai bantuan, maka ia harus memberikan bantuan, jika diminta untuk maju berperang, maka ia harus maju perang, dan jika tidak dibutuh-kan, maka hendaklah ia tetap di tempat (tidak ikut).
سياب من الألف إلى الياء-رئيس "ابن محمد" قال: ' الجهاد إلزامي لكل فرد، سواء في حالة الحرب أو الذين يجلسون (لم تخدم). الناس الذين يجلسون عند طلب مساعدة، ثم قال أنه ينبغي تقديم المساعدة، إذا طلبت إحالة إلى الحرب، ثم أنه تحيل حرب، وإذا كان غير مطلوب-سيكون لك، ثم السماح له بالبقاء في مكان (لم يدخل).
Rasulullah bersabda pada waktu pembebasan kota Makkah:
  فَانْفِرُوا اسْتُنْفِرْتُمْ وَإِذَا نِيَّةٌٌٌ وَ جِهَادٌ وَلَكِنْ الْفَتْحِ بَعْدَ هِجْرَةَََ لاَ
“Tidak ada hijrah setelah pembebasan kota Makkah, akan tetapi yang ada adalah jihad dan niat baik. Bila kalian diminta untuk maju perang, maka majulah!”
Hukum jihad adalah fardhu kifayah dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih serta penjelasan ulama Ahlus Sunnah antara lain dari Al-Qur’an surat an-Nisaa’: 95-96, at-Taubah: 122, al-Muzzamil: 20, dan beberapa hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih.
كفاية فرض الجهاد القانونية مع المسلمات للكتاب وصحيح السنة أن أهل السنة، فضلا عن تفسيرات للعلماء، بين أمور أخرى، من القرآن، سورة النساء ':۹۵-۹٦، في التوبة: ١٢٢ موزاميل٦۰ ،:، وبعض الحديث "النبي صلى الله"' سلام وا اليي حديث صحيح.
Empat Imam Madzhab dan lainnya telah sepakat bahwa jihad fii sabiilillaah hukumnya adalah fardhu kifayah, apabila sebagian kaum Muslimin melaksanakannya, maka gugur (kewajiban) atas yang lainnya. Kalau tidak ada yang melaksanakan-nya maka berdosa semuanya.
اتفقت أربع الكهنة لأنفسهم وغيرهم أن يكون المكتب الجهاد فرض كفاية سابييليلاة القانون، إذا كان بعض المسلمين في محاولة للقيام، ثم تقع المسؤولية لمزيد من المعلومات. إذا كان أي شخص ينفذ له ثم كل شيء شرير.
Para ulama menyebutkan bahwa jihad menjadi fardhu ‘ain pada tiga kondisi:
وذكر العلماء أن الجهاد يكون فرض ' العين على ثلاثة شروط:
Pertama: Apabila pasukan Muslimin dan kafirin (orang-orang kafir) bertemu dan sudah saling berhadapan di tempat perang, maka tidak boleh seseorang mundur atau berbalik.
أولاً: إذا اجتمع المسلمين وكافيرين (الذين كَفَرُوا)، وقد تواجه بعضها بعضا في حرب، ثم لا ينبغي أن شخص ما سحب أو تحويل نحو.
Kedua: Apabila musuh menyerang negeri Muslim yang aman dan mengepungnya, maka wajib bagi penduduk negeri untuk keluar memerangi musuh (dalam rangka mempertahankan tanah air), kecuali wanita dan anak-anak.
ثانيا: عند العدو بمهاجمة الأراضي المسلمين آمنة ووضعه تحت الحصار، إلزامي بالنسبة للمقيمين في البلد أن يخرج يقاتلون العدو (بغية الدفاع عن الوطن)، ما عدا للنساء والأطفال.
Ketiga: Apabila Imam meminta satu kaum atau menentukan beberapa orang untuk berangkat perang, maka wajib berangkat. Dalilnya adalah surat at-Taubah: 38-39.
ثالثا: عندما يسألك الكاهن واحداً من عدد قليل من الناس لتحديد أو تعيين إيقاف حرب، ثم أنها ملزمة بالرحيل. الأدلة هو في رسالة التوبة: ٣٨-٣٩.
C.   Macam-macam Jihad
جميع أنواع الجهاد
Jihad itu meliputi empat bagian :
وهي تتألف من أربعة أجزاء للجهاد
  • Pertama, Jihad melawan hawa nafsu.
أولاً، الجهاد ضد المشاعر.
  • Kedua, Jihad melawan setan.
الثانية، والجهاد ضد الشيطان.
  • Ketiga, Berjihad melawan orang-orang fasik, pelaku kezhaliman, pelaku bid’ah dan pelaku kemungkaran.
ثالثا، الحفاظ على الجهاد ضد كيجاليمان شرير والجهات الفاعلة، والجهات الفاعلة والجهات الفاعلة هرطقة
Jihad melawan hawa nafsu, meliputi empat masalah :
الجهاد ضد المشاعر، بما في ذلك أربع مشاكل:
  • Pertama, berjihad melawan hawa nafsu dalam mencari dan mempelajari kebenaran dan agama yang haq.
فأولاً، الجهاد ضد المشاعر في البحث عن ومعرفة الحقيقة والدين هذا الحق
  • Kedua, berjihad melawan hawa nafsu dalam mengamalkan ilmu yang telah didapatkan.
ثانيا، الجهاد ضد المشاعر في الممارسة العلمية التي تم الحصول عليها.
  • Ketiga, berjihad melawan hawa nafsu dalam mendakwahkan ilmu dan agama yang haq.
الثالثة، والجهاد ضد المشاعر في مينداكواهكان العلم والدين هذا الحق.
  • Keempat, berjihad melawan hawa nafsu dengan bersabar dalam mencari ilmu, beramal dan dalam berdakwah.
الرابع، الجهاد ضد المشاعر التحلي بالصبر في البحث عن المعرفة، وعمل صالحاً، وفي الوعظ.
Jihad melawan setan, bisa dilakukan dengan dua cara :
يمكن القيام بالجهاد ضد الشيطان، بطريقتين
  • Pertama, berjihad melawan setan dengan menolak setiap apa yang dilancarkan setan yang berupa syhubhat dan keraguan yang bisa mencederai keimanan.
أولاً، بدأ الجهاد ضد الشيطان برفضها أي الشيطان يكمن في شكل سيهوبهات والشكوك التي يمكن أن تكون ضارة بالإيمان
  • Kedua, berjihad melawan setan dengan menolak setiap apa yang dilancarkan setan dan keinginan-keinginan hawa nafsu yang merusak.
وثانيا، شن الجهاد ضد الشيطان برفضها أي ما الرغبات الشريرة والمشاعر التي تفسد
Jihad melawan orang-orang fasik, pelaku kezhaliman, pelaku bid’ah dan pelaku kemungkaran, meliputi tiga tahapan, yakni :
الجهاد ضد كيجاليمان شرير والجهات الفاعلة، والجهات الفاعلة وإبقاء العناصر الفاعلة، وبدعة تشمل ثلاث مراحل، وهي

·        Dengan tangan apabila mampu. Jika tidak mampu, maka dengan lisan. Dan jika tidak mampu juga, maka dengan hati, yang setiap kaum muslim wajib melakukannya. Yaitu dengan cara membenci mereka, tidak mencintai mereka, tidak duduk bersama mereka, tidak memberikan bantuan terhadap mereka, dan tidak memuji mereka. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
باليد إذا قادرة. إذا تعذر على، ثم بكلمة في الفم. وإذا لم تتمكن كذلك، ثم بالقلب، كل مسلم من التي هي ملزمة بالقيام بذلك. وبالمناسبة لا أكره لهم والمحبة لهم، لا تجلس معهم، لا توفر المساعدة لهم وليس الثناء عليهم. رسول الله ' اليي واسالام وقال:
"Barangsiapa yang melihat dari kalian satu kemungkaran, maka hendaklah merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu, maka dengan lisannya. Lalu, bila tidak mampu juga, maka dengan hatinya, dan itu selemah-lemahnya iman". [HR Muslim].
·        Jihad melawan orang fasiq dengan lisan merupakan hak orang-orang yang memiliki ilmu dan kalangan para ulama. Yaitu dengan cara menegakkan hujjah (argumentasi) dan membantah hujjah mereka, serta menjelaskan kesesatan mereka, baik dengan tulisan ataupun dengan lisan.
الجهاد ضد فاسيك بالفم هو حق للناس الذين لديهم المعرفة ورجال الدين. هذا هو الطريق لإنفاذ حجة (الحجة) ويجادل ضدهم، فضلا عن شرح الذهاب طريق الخطأ، أما كتابة أو عن طريق كلمة في الفم.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah  mengatakan: “Apabila seorang mubtadi’ (pelaku bid’ah) menyeru kepada aqidah yang menyelisihi al-Qur`an dan Sunnah, atau menempuh manhaj yang bertentangan dengan al-Qur`an dan Sunnah, dan dikhawatirkan akan menyesatkan manusia, maka wajib untuk menjelaskan kesesatannya, sehingga orang-orang terjaga dari kesesatannya dan mereka mengetahui keadaannya” [Lihat Al Fatawa (28/221)].
قال الشيخ الإسلام ابن تيمية: "إذا موبتادي '، ويدعو إلى أن أثارت مينييليسيهي في القرآن الكريم والسنة النبوية، أو اجتياز الكفاح الذي يتعارض مع القرآن الكريم والسنة النبوية، وأنه كان يخشى أن تضليل البشر، ثم أنها ملزمة بشرح كان خطأ واضحا، حتى يستيقظ الناس من معرفة هذه الحالة كان خطأ واضحا
D.   Maksud dan Tujuan Jihad
القصد والهدف من الجهاد
Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak mewajibkan dan mensyariatkan sesuatu tanpa adanya maksud tujuan yang agung.
لا يلزم الله ومينسيارياتكان شيء بدون أي غرض من الأغراض
Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menyatakan, maksud dan tujuan jihad adalah, menyampaikan agama Allah dan mengajak orang mengikutinya. Mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya Islam dan meninggikan agama Allah di muka bumi, serta menjadikan agama ini hanya untuk Allah semata, sebagaimana dijelaskan dalam al-Qur`an, artinya :
وذكر عبد العزيز النوايا والأغراض، إيصال جهاد ديني الله ودعوة الناس إلى أن تحذو حذوها. إزالة شخص من الظلام إلى نور الإسلام وتمجيد دين الله من الأرض، فضلا عن جعل الدين فقط في سبيل الله، كما هو موضح في القرآن، وهذا يعني
“dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah, jika mereka berhenti (dari kekafiran), Maka Sesungguhnya Allah Maha melihat apa yang mereka kerjakan [QS. al-Anfal : 39].
öNèdqè=ÏG»s%ur 4Ó®Lym Ÿw šcqä3s? ×puZ÷GÏù tbqà6tƒur ß`ƒÏe$!$# ¼ã&#à2 ¬! 4 ÂcÎ*sù (#öqygtGR$#  cÎ*sù ©!$# $yJÎ/ šcqè=yJ÷ètƒ ׎ÅÁt/ ÇÌÒÈ  
Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam  bersabda, artinya : "Aku diperintahkan memerangi manusia hingga bersaksi dengan syahadatain, menegakkan shalat dan menunaikan zakat. Apabila mereka telah berbuat demikian, maka darah dan harta mereka telah terjaga dariku, kecuali dengan hak Islam. Dan hisab mereka diserahkan kepada Allah". [HR. Bukhari dan Muslim].
أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ إِلَّا بِحَقِّ الْإِسْلَامِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللَّهِ
Dari keterangan di atas, maka jelaslah bahwa maksud tujuan disyariatkannya jihad adalah untuk menegakkan agama Islam di muka bumi ini, dan bukan untuk dendam pribadi, atau golongan. Sehingga melakukan kekacauan (anarki), menteror orang, melemparkan bom, menakut-nakuti orang yang aman atau orang-orang yang dijaga keamanannya oleh negara, membunuh anak-anak, wanita dan orang tua dengan nama jihad dari agama ini adalah tidak benar. Mereka telah keluar dari jalannya para ulama dan kaum muslimin.
من الوصف أعلاه، من الواضح أن الغرض فرض الجهاد ديسيارياتكانيا الدين الإسلامي من وجه الأرض، وليس من أجل الأحقاد الشخصية، أو مجموعة. حتى تفعل الفوضى، رمي قنابل، يخيف الناس الآمنة أو أولئك الذين يحرسون في السلامة من الدولة أو من قتل الأطفال والنساء وكبار السن مع اسم الجهاد من هذا الدين غير صحيحة. فقد بعيداً العلماء والمسلمين.
Demikian secara singkat hakikat jihad yang ssesungguhnya. Semua ini harus dipahami oleh kaum muslimin, sehingga dalam menetapkan jihad, sesuai dengan kaidah syariat yang agung yang harus dipenuhi.
حتى في قصيرة الجوهر الحقيقي للجهاد. كل هذا ينبغي أن يفهم المسلمون، أسفرت عن مجموعة من حركة الجهاد، وفقا للقاعدة العامة للقوانين التي يجب الوفاء بها.



BAB III
الفصل الثالث
Kesimpulan
استنتاج
Kata Jihad berasal dari kata Al Jahd (ُالجَهْد) dengan difathahkan huruf jimnya yang bermakna kelelahan dan kesusahan atau dari Al Juhd (الجُهْدُ) dengan didhommahkan huruf jimnya yang bermakna kemampuan. Kalimat (بَلَغَ جُهْدَهُ) bermakna mengeluarkan kemampuannya. Sehingga orang yang berjihad dijalan Allah adalah orang yang mencapai kelelahan karena Allah dan meninggikan kalimatNya yang menjadikannya sebagai cara dan jalan menuju surga. Di balik jihad memerangi jiwa dan jihad dengan pedang, ada jihad hati yaitu jihad melawan syetan dan mencegah jiwa dari hawa nafsu dan syahwat yang diharamkan. Juga ada jihad dengan tangan dan lisan berupa amar ma’ruf nahi mungkar.
Jihad itu meliputi empat bagian :
  • Pertama, Jihad melawan hawa nafsu.
  • Kedua, Jihad melawan setan.
  • Ketiga, Berjihad melawan orang-orang fasik, pelaku kezhaliman, pelaku bid’ah dan pelaku kemungkaran.
  • Keempat, Jihad melawan orang-orang munafik dan kafir.
Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menyatakan, maksud dan tujuan jihad adalah, menyampaikan agama Allah dan mengajak orang mengikutinya.




DAFTAR PUSTAKA
Majmuu’ Fataawaa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (X/192-193).
al-Jihaad fii Sabiilillaah Haqiiqatuhu wa Ghaayatuhu (I/50) oleh Syaikh ‘Abdullah bin Ahmad Qadiry, cet. II/Darul Manarah-Jeddah, th. 1413 H.
al-Wajiiz fii Fiqhis Sunnah wal Kitaabil ‘Aziiz (hal. 487) oleh ‘Abdul ‘Azhim bin Badawi al-Khalafi, cet. III/Daar Ibnu Rajab, th. 1421 H.
Risaalatul Irsyaad ilaa Bayaanil Haqq fii Hukmil Jihaad (hal. 89-90) oleh Syaikh Ahmad bin Yahya an-Najmi, Taudhiihul Ahkaam Syarah Bulughul Maram (VI/331-332) syarah ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman al-Bassam, cet. V/Maktabah al-Asadi, th. 1423 H.
Wujub Al Ta’awun Baina Al Muslimin- merupakan bagian dari Al majmu’ah Al Kaamilah jilid 5/186
Zaadul Ma’ad Fi Hadyi Khoiril ‘Ibaad, Ibnul Qayyim, tahqiq Syu’aib Al Arnauth dan Abdulqadir Al Arnauth, cetakan ketiga tahun 1421H, Muassasat Al Risalah, Bairut 3/9
Muqaddimah Ibnu Rusyd 1/369, kami nukil dari kitab Mauqif Al Muslim Minal Qitaal Fil Fitan, Utsman Mu’allim Mahmud cetakan pertama tahun 1416 H, Dar Al Fath 41 dan majalah Al Asholah edisi 21/IV/ 15 rabi’ul awal 1420 H hal. 43
Al I’lam Bi Fawa’id Umdat Al Ahkam, Ibnu Al Mulaqqin, tahqiq Abdulaziz Ahmad Al Musyaiqih, cetakan pertama tahun 1421H, Dar Al ‘Ashimah, 10/267.