Jurnalisme Dakwah

PENDAHULUAN
Jurnalistik adalah ilmu yang meliputi kegiatan mulai dari peliputan berita, samapi pada hal penyebarannya pada khalayak. Dengan kata lain jurnalistik juga dipahami sebagai sebuah kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan dan penyampaiaan berita kepada masyarakat lewat saluran media tertentu.
Saat ini jurnalistik adalah ilmu yang berhubungan tidak hanya dengan media cetak (surat kabar, majalah dan lain-lain), tetapi telah meluas menjadi media elektronik seperti televisi dan radio.Berdasarkan media yang digunakan, jurnalistik merupakan sebuah cabang ilmu yang memiliki beberapa jenis media, misalnya jurnalistik cetak (print journalism), dan elektronik (electronic journalism), bahkan sekarang sudah berkembang secara tersambung (online journalism).
Jurnalistik merupakan bagian dari dunia mahasiswa yang sudah tidak asing lagi. Perlunya mahasiswa dalam memperlajari jurnalistik akan membawa banyak dampak positif, salah satunya adalah keterampilan mereka di dalam mengelola media massa, sehingga peluang mahasiswa untuk terjun ke dunia jurnalistik terbuka lebar. Dengan menulis mahasiswa bisa melukiskan dan menceritakan seluruh isi dunia yang bisa memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi khalayak.
Mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi yang hususnya jurusan jurnalistik yang bekerjasama dengan mahasiswa fakultas mengadakan pelatihan jurnalistik yaitu yang bertepatan di aula fakultas yang di ikuti oleh tiap jurusan masing masing jurusan mendelegasikan 5 orang.  Acara pelatihan ini berlangsung selama 3 hari, banyak sekali materi yang disampaikan pemateri atau ilmu-ilmu baru yang saya temui, jurnalistik bisa dilihat dari beberapa aspek, jurnalistik 2000 tahun berkembang daerah barat, namun dari persi lain 3000 th lalu jurnalistik sudah di temukan oleh orang orang timur, yang katanya pada waktu itu umat muslim yang pertama kali menemukan jurnalistik, journalistik yaitu banyak sekali bentuknya muali dari media cetak elektronik, media masa, namun yang masih menjadi pedebatatan yaitu media online, apakah termasuk jurnalistik atau bukan, ada yang berpendapat bukan jurnalistik di karnakan tidak mewakili lembaga ketika adanya terjadi permasalahan maka tidak ada yang bertanggung jawab, dan media media online pun mejadi hak milik yang bersifat pribadi, contoh nya seperti facebook, twitter dan sebagainya.
Pada hari pertama dan kedua kegiatan pelatihan masih berlangsung d aula fakultas, namu serunya pada hari ke dua kita di berangkatkan ke tempat perccetakan Koran PR, kita di kenalkan dengan direktur dan para staf bagiannya beserta kinerja masing masing karywannya, kami juga di kenalkan dengan ruang kerja para editor.

JURNALISME DASAR DAN SISTEM INFORMASI PASAR
Tujuan utama jurnalisme adaalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka hidup bebas dan mengatur diri sendiri (Bill Kovach dan Tom Rosenstilel)
Tugas reporter
Reporter harus dapat membuat hal penting menjadi menarik dan relvan.
Penting diperhatikan
·        Sebeapa berpengaruh kejadian itu ?
·        Apakah menyebabkan atau berkemungkinan menyebabakan kerugian besar atau ke untungan besar bagi sebagian besar orang?
·        Makin banyak orang yang terdampak makin penting kejadian itu
Menarik
·        Timeless: setiap berita harus sesuatu yang baru, karena berita adalah memberi tahu karena berita adalah memberi tahu orang tentang apa yang belum mereka mengetahui
·        Persentasi format apa yang paling evektif dalam penyampaian pesan dan informasi.
Relvan
·        Hal yang terpenting bahwa infoermasi itu harus memiliki artitertentu bagi pembaca
·        Orang yang tertarik membaca ada kejadian yang berpengaruh terhadap mereka
 




Nalai berita
·        Dampak: jumlah otrang berpotensi terhadap berita misalnya kebijakan kenaikan harga gabah akan lebih berdampak dibandingkan dengan kenaikan harga daging sapi
·        Kebaruan setiap berita harus memiliki sesuatu yang baru, karena berita memberitahu oorng tentang apa yang mereka belum ketahui.
·        Prominence; untuk kejadian yang sama orang terkenal dengan liputan yang lebih besar.
·        Proximity:cerita ysng berasda dekat dalam lingkungan sendiri lebih memiliki tempat dibandinkan berita yang jauh.
·        Bizzareness:berita unik akan lebih menyita perhatian pembaca.
·        Konflik.
News making
Jurnalisme adalah sebuah discipline pencarian,pengumpulan, penulis data dan informasi
Proses Produksi Berita
 





uli
 






Prinsip penulisan
·        Get it right,write it tight fakta digali secara benar dan tertulis secara ringkas dan jelas
·        Show it, don,t tell it tunjukan/gambarka ukan katakana
Tell the story
Apa yang terjadi?                                     Who?
Siapa yang terlibat                                     what?
Dimana kejadianya                                    where?
Kapan itu terjadi                                        when?
Mengapa itu terjadi                                    why?
Bagaimana kejadianya                                how?
Kenali medianya
Media cetak
Suatu arahan padat modal long lasting, jenis media yang dibedakan dari priode penerbitan isi informs bentuk fisik serta segmen pembqcanya.

Mediabaru
Interaktif bisa diakses apa saja diaman saja selalu apdate 
Media cetak
Bulletin
Madding
Koran
Majalah
Buku
Hanya 1-2 halam kertas
Berisi karya teks dan gambar
Terbit berkala
Terbit berkala
Bahasan sangat mendalam tentang sebuah tema
Isi simple
Dikerjakan beramai ramai
Berisi sesuatu yang baru dan fresh
Bahasan topic lebih leluasa

Padat modal
Biaya murah
Murah
Masa kadaluarsa singkat
Memiliki segmentasi pembaca tertentu
Harga agak mahal
Long lasting
Sangat peraktis
Lebih sperti pengumuman
Kebanyakan menghapus cerita dibalik berita

Collectible
Terbit berkala





Media baru
Web
Blog
Media sosial
Bersifat independen
Lebih interaktif
Lebih popular
Biasanya dikelola oleh propesional
User friendly
Lebih mudah digunakan dan mudah diakses
Lebih variatif
Digunakan scara bersamaan dengan penggunaan lain
Lebih “gaul”

Asisten  redaktur Bandung Raya Pikiran Rakyat, Deni Yudiawan (berdiri), menyampaikan materinya pada Pelatihan Jurnalistik dan Sistem Informasi Pasar Pertanian di Gedung Korpri, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang.  Kegiatan yang diselenggarakan Pikiran Rakyat dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tersebut untuk meningkatkan potensi informasi pertanian di Kabupaten Bandung.
 Sebuah terobosan dilakukan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kab. Bandung dan Harian Pikiran Rakyat ("PR") dengan mengadakan pelatihan jurnalistik dan sistem informasi pasar pertanian.  Pelatihan dilakukan karena sampai saat ini para petani masih terjebak pada mekanisme pasar tradisional sehingga sering mengalami kerugian.
Apabila sedang panen raya pasti harga produk pertanian akan jatuh. Dengan adanya informasi membuat para petani bisa mengetahui kondisi pertanian di daerah-daerah lainnya agar tidak panen bersamaan," kata Ketua HKTI Kab. Bandung, H. Sofian Nataprawira, di Gedung Kopri Kab. Bandung
Padahal, sektor pertanian termasuk perkebunan, hortikultura, dan kehutanan menjadi tulang punggung masyarakat. "Daya saing pertanian Kab. Bandung cukup tinggi apalagi kab. Bandung merupakan sentra sayur mayur seperti di Pangalengan, Kertasari, Ciwidey, dan Rancabali," katanya.
Sektor pertanian juga menyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang besar. "Demikian pula dengan sumbangan pertanian terhadap Indeks Pembangunan Manusia (iPM) juga besar. IPM Kab. Bandung saat ini mencapai 74,2, namun kenyataan di masyarakat bisa berbeda," katanya.



LAMPIRAN
PELATIHAN JURNALISTIK
Tahun:
2013
Komponen:
Sumber Informasi
Sub Komponen:
Pengembangan Pusat Informasi
Propinsi:
Bandung barat
Judul:
Pelatihan jurnalistik
Pelaksana:
Pusat Data dan Informasi Pertanian
Penanggung Jawab:
H.Sofyan Nataprawira
Nara Sumber:
- yudi irawan
-
Tanggal Pelaksanaan:
16-18 januari 2013
Tempat:
Gedung aula fakultas Dakwah dan komunikasi.  
Materi:

Materi pelatihan meliputi:
-teknik membuat berita
-tata cara penulisan
-proses produksi berita
-memberikan informasi pada petani ketika saat akan panen
-upaya penyaluran hasil produksi pertanian.
Sasaran Peserta:
Perkebunan Kabupaten bandung barat, meliputi daerah, pangalengan, kertasari, ciwidey dan Ranca bali
Metode :
- Pemaparan materi
 Diskusi dan tanya jawab
- Teori dan praktek computer
- Analisis dan evaluasi

Manfaat
Melalui kegiatan ini, diharapkan tenaga pengelola informasi pasar dapat melakukan inputing data informasi pasar secara offline, melakukan verifikasi data, dan sekaligus melaksanakan pengiriman data secara online.

KESIMPULAN
Dari pelatihan yang saya ikuti saya mengambil kesimpulan bahwa, pelatihan ini ditunjukan untuk para calon jurnalisme yang ingin meliput berita,tata cara peroduksi berita, cara pembuatan berita, perinsip penulisan dan masih banyak lainya. Pelatihan ini diadakan di daerah sorengan karena tidak hanya para calon jurnalisme saja tapi bekerja sama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HIKTI). Upaya ini dilakukan agar para peliput berita bisa memberikan informasi yang relepan kepada para petani yang ada didaerah Kabupaten Bandung Barat khususnya daerah Ranca Bali, Ciwidey, Kertasari dan Pangalengan.
Adanya pelatihan ini mendorong kepada para petani dan jurnalis agar memberikan informasi kepada para petani yang tergolong petani suka terjebak pada pasar teradisional. Maka yang harus dilakukan petani harus update tentang informasi pertanian agar nilai jual tidak selalu rendah dan bisa mengetahi agar banyaknya sayuran bisa tidak sama dalam menanam. Maka dari berbagai poten pertanian yang ada di kabupaten bandung bisa lebih sejahtera dan bisa meningkatkan produksi yang lebih melimpah.

Sejarah Filsafat



BAB I
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Filsafat

Pada dasarnya filsafat memiliki sejarah dimana manusia mulai berfikir secara mendalam tentang hakekat keberadaanya mengapa ia ada, untuk untuk apa ia ada, dan siapa siapa yang menciptkan dia. Dan pada  manusia terus-menerus berfikir sampai batas di atas batas akal yang mana tidak bisa bisa mengunakan rasio atu yang mudah disebut dengan istilah iman yakni percaya bahwa dia dibuat oleh sang pencipta. Tapi tidak tahu bagaimana bentuk penciptanya apakah sama dengan bentuknya dia yang berbentuk jisim ataukah tidak sama sebenarnya hal inilah diluar batas kemampuan berfikir manusia.

Adapun sejarah Filsafat ada dua yaitu Sejarah Filsafat umum dan Sejarh Filsafat islam.

1.       Sejarah Filsafat Umum

Filsafat, terutama filsafat Barat muncul di Yunani semenjak kira-kira abad ke-7 SM. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai berpikir-pikir dan berdiskusi akan keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka dan tidak menggantungkan diri kepada agama lagi untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Banyak yang bertanya-tanya mengapa filsafat muncul di Yunani dan tidak di daerah yang beradab lain kala itu seperti Babilonia, Yudea (Israel) atau Mesir. Jawabannya sederhana: di Yunani, tidak seperti di daerah lain-lainnya tidak ada kasta pendeta sehingga secara intelektual orang lebih bebas.

Orang Yunani pertama yang bisa diberi gelar filosof ialah Thales dari Mileta, sekarang di pesisir barat Turki. Tetapi filosof-filosof Yunani yang terbesar tentu saja ialah: Socrates, Plato, dan Aristoteles. Socrates adalah guru Plato sedangkan Aristoteles adalah murid Plato. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sejarah filsafat tidak lain hanyalah “komentar-komentar karya Plato belaka”. Hal ini menunjukkan pengaruh Plato yang sangat besar pada sejarah filsafat.

Pada saat inilah, para filsofof kemudian mencoba memandang dunia dengan cara yang lain yang belum pernah dipraktekkan sebelumnya, yaitu berpikir secara ilmiah. Dalam mencari keterangan tentang alam semesta, mereka melepaskan diri dari hal-hal mistis yang secara turun-temurun diwariskan oleh tradisi. Dan selanjutnya mereka mulai berpikir sendiri. Di balik aneka kejadian yang diamati secara umum, mereka mulai mencari suatu keterangan yang memungkinkan mereka mampu mengerti kejadian-kejadian itu. Dalam artian inilah, mulai ada kesadaran untuk mendekati problem dan kejadian alam semesta secara logis dan rasional.[1][1]

Pada umumnya pendpat mengatakan bahwa lahirnya perkembangan dalam pikir Yunani kuno dimulai sejak abad 6 sebelum Masehi. Dan sejarah filsafat terbagi menjadi beberpa bagian sebagai berikut :

1.      Abad Yunani kuno ( 6 abad sebelum masehi sampai 4 abadsebelum masehi).
2.      Abad pertengahan ( abad 4 sampai abad 12).
3.      Abad kebangkitan(abad ke 12 sampai akhir abad 15).
4.      Abad baru ( abad ke 16 sampai abad ke 19).
5.      Abad terakhir ( abad akhir 19sampai sekarang).[2][2]


Dan seperti diketahui bahwa pelaku Filsafat adalah akal, dan musuh (patner)-nya adalah hati, rasa.pertengtangan atau kerja sama antara akal dan hatiitulah pada dasarnya isi sejarah Filsafat. memang pusat kendali manusia terletak di tiga tempat, yaitu indra, akal, dan hati. Namun akal dan hatilah yang menentukan.

Didalam sejarah filsafat akal pernah menang, pernah kalah, hati pernah berjaya, jug pernah kalah, pernah juga kedua-duanya sama menang. Diantara keduanya, dalam sejarah, telah terjadi pergumulan tersebut  dominasi dalam mengendalikan manusia.

Yang dimaksud akal disini ialah akal logis yang bertempat dikepala, sedangkan hati kira-kira  bertempat di dalam dada.akal itulah yang mengjasilkan pengetahuan logis yang disebut Filsafat. Sedangkan hati menghasilkan pengetahuan supralogis yang disebut pengetahuan mistik, iman termasuk disini.

Ciri umum Filsafat Yunani adalah rasionalisme. Rasionalisme Yunani itu mencapai puncaknya pada orang-orang sofis.[3][3]

2.      Filsafat islam

Pemikiran filsafat masuk ke dalam Islam melalui filsafat Yunani yang dijumpai kaum Muslimin pada abad ke-8 Masehi atau abad ke-2 Hijriah di Suriah, Mesopotamia, Persia, dan Mesir.

Dalam Ensiklopedi Islam terbitan Ichtiar Baru Van Hoeve dijelaskan bahwa kebudayaan dan filsafat Yunani masuk ke daerah-daerah itu melalui ekspansi Alexander Agung, penguasa Macedonia (336-323 SM), setelah mengalahkan Darius pada abad ke-4 SM di kawasan Arbela (sebelah timur Tigris).


Alexander Agung datang dengan tidak menghancurkan peradaban dan kebudayaan Persia, bahkan sebaliknya, ia berusaha menyatukan kebudayaan Yunani dan Persia. Hal ini telah memunculkan pusat-pusat kebudayaan Yunani di wilayah Timur, seperti Alexandria di Mesir, Antiokia di Suriah, Jundisyapur di Mesopotamia, dan Bactra di Persia.

Pada masa Dinasti Umayyah, pengaruh kebudayaan Yunani terhadap Islam belum begitu nampak karena ketika itu perhatian penguasa Umayyah lebih banyak tertuju kepada kebudayaan Arab. Pengaruh kebudayaan Yunani baru nampak pada masa Dinasti Abbasiyah karena orang-orang Persia pada masa itu memiliki peranan penting dalam struktur pemerintahan pusat.

Para Khalifah Abbasiyah pada mulanya hanya tertarik pada ilmu kedokteran Yunani berikut dengan sistem pengobatannya. Tetapi kemudian mereka juga tertarik pada filsafat dan ilmu pengetahuan lainnya. Perhatian pada filsafat meningkat pada zaman Khalifah Al-Makmun (198-218 H/813-833 M). memang pemasukan Filsafat Yunani ke dalam islam lebih banyak terjadi melalui kota irak apda umumnya. Disinilah timbul gerakan penerjemahan buku-buku Yunani kedalam bahasa Arab atas dorongan khalifah Al-Mansur dan kemudlam bahasaian kahalifah Harun Ar-Rasyid. Kegiatan ini meningkat pada masaKhalifah Al-Makmun, putra Haru Ar-Rasyidyang dikenal dengan zaman penerjemahan.
Sebenarnya penerjemahan buku-buku kedalam bahasa Arab sudah mulai sejak pemerintahan dinasti Umayyah. Kegiatan ini diseponsori oleh Khalid ibnu yazidketika itu buku-buku dan kedokteran.[4][4]
B.     Kaum sofis

Nama “Sofis” (sophistes) tidak dipergunakan sebelum abad ke-5. Arti yang tertua adalah “seorang yang bijaksana” atau “seorang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu”. Agak cepat kata ini dipakai dalam arti “sarjana” atau “cendekiawan”. Herodotos memakai nama sophistes untuk Pythagoras. Pengarang Yunani yang bernama Androtion (abad ke-4 SM) mempergunakan nama ini untuk menunjukkan “ketujuh orang bijaksana” dari abad ke-6 dan Sokrates. Lysias, ahli pidato Yunani yang hidup sekitar permulaan abad ke-4 memakai nama ini untuk Plato. Tetapi dalam abad ke-4 nama philosophos menjadi nama yang biasanya dipakai dalam arti “sarjana” atau “cendikiawan”, sedangkan nama sophistes khusus dipakai untuk guru-guru yang berkeliling dari kotake kota dan memainkan peranan penting dalam masyarakat Yunani sekitar paruh kedua abad ke-5. Di sini kita juga mempergunakan kata “Sofis” dalam arti terakhir ini.

Pada kemudian hari nama “Sofis” tentu tidak harum. Akibatnya masih terlihat dalam bahasa-bahasa modern. Dalam bahasa Inggris misalnya kata “sophist” menunjukkan seseorang yang menipu orang lain dengan mempergunakan argumentasi-argumentasi yang tidak sah. Cara berargumentasi yang dibuat dengan maksud itu dalam bahasa Inggris disebut “sophism” atau “sophistery”. Terutama Sokrates, Plato, dan Aristoteles dengan kritiknya pada kaum Sofis menyebabkan nama “Sofis” berbau jelek. Salah satu tuduhan adalah bahwapara Sofis meminta uang untuk pengajaran yang mereka berikan. Dalam dialog Protagoras, Plato mengatakan bahwa para Sofis merupakan “pemilik warung yang menjual barang rohani” (313 c). Dan Aristoteles mengarang buku yang berjudul Sophistikoi elenchoi (cara-cara berargumentasi kaum Sofis); maksudnya, cara berargumentasi yang tidak sah. Demikian para Sofis memperoleh nama jelek, hal mana masih dapat dirasakan sampai pada hari ini, sebagaimana nyata dengan contoh-contoh dari bahasa Inggris tadi.



Faktor-faktor yang menjelaskan munculnya Sofistik

Aliran yang disebut Sofistik tidak merupakan suatu mazhab, para sofis tidak mempunyai ajaran bersama. Sebaliknya Sofistik dipandang sebagai suatu aliran atau pergerakan dalam bidang intelektual yang disebabkan beberapa faktor yang timbul dalam masyarakat Yunani pada zaman itu. Berikut faktor-faktor yang menjelaskan munculnya Sofistik:

1.      Sesudah perang Parsi selesai (tahun 449 SM), Athena berkembang pesat dalam bidang politik dan ekonomi. Di bawah pimpinan Perikles polis inilah yang menjadi pusat seluruh dunia Yunani. Sampai saat itu Athena belum mengambil bagian dalam filsafat dan ilmu pengetahuan yang sedang berkembang sejak abad ke-6. Tetapi sering kali dalam sejarah dapat disaksikan bahwa negara atau kota yang mengalami zaman keemasan dalam bidang politik dan ekonomi menjadi pusat pula dalam bidang intelektual dan kultural. Demikian halnya juga dengan kota Athena. Kita sudah melihat bahwa Anaxagoras adalah figur pertama yang memilih Athena sebagai tempat tinggalnya. Para Sofis tidak membatasi aktivitasnya pada polis Athena saja. Mereka adalah guru-guru yang bepergian keliling dari satu kota ke kota lain. Tetapi Athena sebagai pusat kultural yang baru mempunyai daya tarik khusus untuk kaum Sofis. Protagoras misalnya, yang dari sudut filsafat boleh dianggap sebagai tokoh yang utama antara para Sofis, sering-sering mengunjungi Athena.

2.      Faktor lain yang dapat membantu untuk memahami timbulnya gerakan Sofistik adalah kebutuhan akan pendidikan yang dirasakan di seluruh Hellas pada waktu itu. Sudah kami utarakan bahwa bahasa merupakan alat politik yang terpenting dalam masyarakat Yunani. Sukses tidaknya dalam bidang politik sebagian besar tergantung pada kemahiran berbahasa yang diperlihatkan dalam sidang umum, dewan harian atau sidang pengadilan. Itu teristimewa benar dalam masa yang dibahas di sini, karena hidup politik sangat diutamakan. Khususnya di Athena, yang sekarang mengalami puncaknya sebagai polis yang tersusun dengan cara demokratis. Itulah sebabnya tidak mengherankan bahwa orang muda merasakan kebutuhan akan pendidikan serta pembinaan, supaya nanti mereka dapat memainkan peranannya dalam hidup politik. Sampai saat itu pendidikan di Athena tidak melebihi pendidikan elementer saja. Kaum Sofis memenuhi kebutuhan akan pendidikan lebih lanjut. Mereka mengajarkan ilmu-ilmu seperti metematika, astronomi, dan terutama tata bahasa. Mengenai ilmu yang terakhir ini mereka boleh dipandang sebagai perintis. Dan tentu saja, kaum Sofis juga mempunyai jasa-jasa besar dalam mengembangkan ilmu retorika atau berpidato. Selain dari pelajaran dan latihan untuk orang muda, mereka juga memberi ceramah-ceramah dengan cara populer untuk khalayak ramai yang lebih luas.


Dari uraian di atas ini boleh ditarik kesimpulan bahwa kaum Sofis untuk pertama kali dalam sejarah menggelar pendidikan untuk orang muda. Dari sebab itu paideia (kata Yunani untuk “pendidikan”) dapat dianggap sebagai suatu penemuan Yunani. Itulah salah satu jasa yang besar sekali, yang pengaruhnya masih berlangsung terus sampai dalam kebudayaan modern.


3.      Faktor ketiga yang mempengaruhi timbulnya aliran Sofistik boleh dilukiskan sebagai berikut. Karena pergaulan dengan banyak negara asing, orang Yunani mulai menginsyafi bahwa kebudayaan mereka berlainan dari kebudayaan-kebudayaan lain. Kebudayaan Yunani terletak di tengah kebudayaan-kebudayaan yang coraknya sangat berlainan. Dapat terjadi bahwa apa yang dengan tegas ditolak dalam kebudayaan yang satu, sangat dihargai dalam kebudayaan yang lain. Sejarawan Yunani Herodotos yang hidup pada zaman ini dan banyak bepergian ke negeri-negeri lain, telah menuliskan pengalaman itu dengan cukup jelas, dan ia menyetujui pendirian penyair Pindaros bahwa adat-istiadat adalah segala-galanya. Pengalaman itu menampilkan banyak pertanyaan. Apakah peraturan-peraturan etis, lembaga-lembaga sosial dan tradisi-tradisi religius hanya merupakan suatu kebiasaan atau konvensi saja? Apakah kesemuanya itu hanya kebetulan tersusun begitu? Apakah mungkin suatu susunan yang sama sekali berlainan? Para Sofis akan merumuskan persoalan ini dengan bertanya: apakah peraturan etis beralaskan adat kebiasaan (nomos) atau beralaskan kodrat (physis)? Pada umumnya para Sofis akan menjawab bahwa hidup sosial tidak mempunyai dasar kodrati. Sampai-sampai Protagoras tidak ragu-ragu mengatakan bahwa manusia adalah ukuran untuk segala sesuatu. Dengan demikian kaum Sofis jatuh dalam relativisme di bidang tingkah laku etis dan di bidang pengenalan. Dengan relativisme dimaksudkan pendirian bahwa baik buruk dan benar salah itu bersifat relatif saja. Atau dengan kata lain, baik buruk dan benar salah tergantung pada manusia bersangkutan. Sokrates dan Plato dengan tajam sekali akan mengkritik pendirian itu. Tetapi dapat dibayangkan bahwa kaum Sofis mengalami sukses besar dengan anggapannya yang menentang tradisi-tradisi tua, terutama dalam kalangan kaum muda. Dalam hal ini angkatan muda Yunani tidak berbeda banyak dengan angkatan muda pada zaman lain, karena mereka selalu cenderung membuang yang kolot dan memihak kepada yang serba baru.

Pengaruh aliran Sofistik

Dalam uraian-uraian sejarah filsafat, kaum Sofis tidak selalu dipandang dengan cara yang sama. Kadang-kadang dikemukakan pertimbangan yang agak negatif. Tetapi dalam uraian-uraian lain kaum Sofis direhabilitasikan lagi dengan penilaian yang lebih positif. Pada aliran Sofistik sendiri terdapat dua aspek yang menampilkan penilaian yang berbeda-beda itu.

Di satu pihak gerakan para Sofis menyatakan krisis yang tampak dalam pemikiran Yunani. Rupanya pada waktu itu orang merasa jemu dengan sekian banyak pendirian yang telah dikemukakan dalam filsafat prasokratik. Reaksinya adalah skeptisisme yang dianut oleh para Sofis. Kebenaran diragukan dan dasar ilmu pengetahuan sendiri digoncangkan (Protagoras, Gorgias). Dengan itu, Sofistik pasti mempunyai pengaruh negatif atas kebudayaan Yunani waktu itu. Banyak nilai tradisional dalam bidang agama dan moralitas mulai roboh. Peranan polis sebagai kesatuan sosial-politik mulai merosot, karena kaum Sofis memajukan suatu orientasi pan-Hellen. Tekanan pada ilmu berpidato dan kemahiran berbahasa menampilan bahaya bahwa teknik berpidato akan dipergunakan untuk maksud-maksud jahat. Kalau prinsip Protagoras, yakni “membuat argumen yang paling lemah menjadi yang paling kuat”, dikaitkan dengan relativisme dalam bidang moral, maka dengan sendirinya jalan terbuka untuk penyalahgunaan itu. Sofis-sofis yang besar seperti Protagoras dan Gorgias tidak menyalahgunakan ilmu berpidato untuk maksud-maksud jahat. Mereka adalah orang yang dihoramati oleh umum karena moralitas yang bermutu tinggi. Hal yang sama tidak bisa dikatakan mengenai semua Sofis lain.

Akan tetapi, di lain pihak aliran Sofistik pasti juga mempunyai pengaruh yang positif atas kebudayaan Yunani. Bahkan boleh dikatakan bahwa para Sofis mengakibatkan suatu revolusi intelektual di Yunani. Gorgias dan Sofis-sofis lain menciptakan gaya bahasa yang baru untuk prosa Yunani. Sejarawan-sejarawan Yunani yang besar, seperti Herodotos dan Thukydides, dipengaruhi secara mendalam oleh pemikiran Sofistik. Pandangan hidup kaum Sofis bergema juga pada dramawan-dramawan yang tersohor seperti Sophokles dan terutama Euripides. Dan kami sudah menyebut sebagai jasa-jasa Sofistik bahwa mereka mengambil manusia sebagai objek bagi pemikiran filsafat dan bahwa mereka meletekkan fundamen untuk pendidikan sitematis bagi kaum muda. Tetapi jasa mereka yang terbesar ialah bahwa mereka mempersiapkan kelahiran filsafat baru. Sokrates, Plato dan Aristoteles akan merealisasikan filsafat baru itu.[5][5]


















BAB II

PENUTUP

Kesimpulan

Diawal sudah dijelaskan bahwa sejarah munculnya filsafat umu atau Yunani kuno   itu bertepatan pada kira-kira abad ke-7 SM. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai berpikir-pikir dan berdiskusi akan keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka dan tidak menggantungkan diri kepada agama lagi untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

 Pemikiran filsafat masuk ke dalam Islam melalui filsafat Yunani yang dijumpai kaum Muslimin pada abad ke-8 Masehi atau abad ke-2 Hijriah di Suriah, Mesopotamia, Persia, dan Mesir.

Nama “Sofis” (sophistes) tidak dipergunakan sebelum abad ke-5. Arti yang tertua adalah “seorang yang bijaksana” atau “seorang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu”. Agak cepat kata ini dipakai dalam arti “sarjana” atau “cendekiawan”. Herodotos memakai nama sophistes untuk Pythagoras. Pengarang Yunani yang bernama Androtion (abad ke-4 SM) mempergunakan nama ini untuk menunjukkan “ketujuh orang bijaksana” dari abad ke-6 dan Sokrates. Lysias, ahli pidato Yunani yang hidup sekitar permulaan abad ke-4 memakai nama ini untuk Plato. Tetapi dalam abad ke-4 nama philosophos menjadi nama yang biasanya dipakai dalam arti “sarjana” atau “cendikiawan”, sedangkan nama sophistes khusus dipakai untuk guru-guru yang berkeliling dari kotake kota dan memainkan peranan penting dalam masyarakat Yunani sekitar paruh kedua abad ke-5. Di sini kita juga mempergunakan kata “Sofis” dalam arti terakhir ini.













DAFTAR PUSTAKA


AM Suhar, Filsafat Umum,  Gaung Persada Press, Jakarta,  2009

Zar Sirajuddin, Filsafat islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004

Tafsir Ahmad, Filsafat Umum, Remaja Rosdkarya, Bandung, 1993


SEJARAH FILSAFAT DAN KLASIFIKASINYA
SEJARAH FILSAFAT DAN KLASIFIKASINYA

Filsuf adalah orang yang memikirkan hakikat segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan mendalam. Ringkasnya filsafat adalah hasil akal seseorang manusia yang memikirkan dan mencari suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya. Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakekat kebenaran segala sesuatu.[1]
Dari sudut pandang lainnya Raghib al-Asfahani mengatakan bahwa ilmu dapat pula dibagi menjadi dua bagian yaitu ilmu rasional dan dokrinal. Ilmu rasional adalah ilmu yang didapat dengan akal dan penelitian, sedangkan ilmu dokrinal merupakan ilmu yang didapatkan dengan memberitakan wahyu dan nabi.[2]
Kata filsafat berasal dari kata philo yang berarti cinta, dan kata sophos yang berarti ilmu atau hikmah. Dengan demikian secara bahasa filsafat berarti cinta terhadap ilmu atau hikmah. Dalam hubungan ini, Al-Syaibani berpendapat bahwa filsafat bukanlah hikmah itu sendiri, melainkan cinta terhadap hikmah dan berusaha mendapatkannya, memusatkan perhatian padanya dan menciptakan sikap positif terhadapnya. Untuk ini ia mengatakan bahwa filsafat berarti mencari hakikat sesuatu, berusaha menafsirkan pengalaman-pengalaman manusia.[3]







Dalam pengertian yang lebih luas, Harold Titus mengemukakan pengertian filsafat sebagai berikut:
a.Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis.
b.Filsafat ialah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi.
c.Filsafat adalah usaha untuk mendpatkan gambaran keseluruhan.
d.Filsafat ialah analisis logis dari bahasan dan penjelasan arti konsep.
e.Filsafat ialah sekumpulan problema-problema yang langsung mendapat perhatian manusia dan dicarikan jawabannya oleh ahli filsafat (Jalaluddin dan Said, 1994: 9).
Selanjutnya, Imam Barnadib menjelaskan filsafat sebagai pandangan yang menyeluruh dan sistematis. Menyeluruh, karena filsafat bukan hanya pengetahuan, melainkan juga suatu pandangan yang dapat menembus sampai di balik pengetahuan itu sendiri. Dengan pandangan yang lebih terbuka ini, hubungan dan pertalian antara semua unsure yang mengarahkan perhatian dan kedalaman mengenai kebajiakan dimungkinkan untuk dapat ditemukan. Sistematis, karena filsafat menggunakan berfikir secara sadar, teliti, dan teratur sesuai dengan hukum-hukum yang ada (Imam Barnadib, 1994: 11-12). Karena itu, menurut Harun Nasution, filsafat ialah berfikir menurut tata tertib (logika), bebas (tidak terikat pada tradisi, dogma, serta agama) dan dengan sedalam-dalamnya sehingga sampai ke dasar-dasar persoalan (Nasution, 1973: 24).
Berfikir yang seperti ini, menurut Jujun S. Suriasumantri, adalah sebagai karekteristik dan berfikir filosofis. Ia berpandangan bahwa berfikir filsafat merupakan cara berfikir radikal, sistematis, menyeluruh, dan mendasar untuk sesuatu permasalahan yang mendalam. Begitu pun berfikir secara spekulatif, termasuk dalam rangkaian berfikir filsafat. Maksud berfikir spekulatif di sini adalah berfikir dengan cara merenung, memikirkan segala sesuatu sedalam-dalamnya, tanpa keharusan adanya kontak langsung dengan objek sesuatu tersebut. Tujuannya adalah untuk mengerti hakikat sesuatu (Muhammad Noor Syam, 1986: 25).

Karena pemikiran-pemikiran yang bersifat filsafat didasarkan atas pemikiran yang bersifat spekulatif, maka nilai-nilai kebenaran yang dihasilkannya juga tak terhindarkan dari kebenaran yang spekulatif. Hasilnya akan sangat tergantung dari pandangan filosof yang bersangkutan. Oleh karena itu, pendapat yang baku dan diterima oleh semua orang agak sulit diwujudkan. Padahal kebenaran yang ingin dicapai oleh filsafat ialah kebenaran yang bersifat hakiki, hingga nilai kebenaran tersebut dapat dijadikan pandangan hidup manusia.[4]

2.      Klasifikasi Filsafat
Diseluruh dunia, banyak orang yang menanyakan pertanyaan yang sama dan membangun tradisi filsafat, menggapi dan meneruskan banyak karya-karya sesama mereka. Oleh karena itu, filsafat biasa diklasifikasikan menurut daerah geografis dan budaya. Pada dewasa ini, filsafat biasa dibagi menjadi tiga:[5]
1.      Filsafat Barat
Filsafat Barat adalah ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas-universitas di Eropa dan daerah-daerah jajahan mereka. Filsafat ini berkembang dari tradisi falsafi orang Yunani kuno.
Menurut Takwin (2001) dalam pemikiran barat konvensional pemikiran yang sistematis, radikal, dan kritis seringkali merujuk pengertian yang ketat dan harus mengandung kebenaran logis. Misalnya aliran empirisme, positivisme, dan filsafat analitik memberikan kriteria bahwa pemikiran dianggap filosofis, jika mengandung kebenaran korespondensi dan koherensi. Korespondensi yakni sebuah sebuah pengetahuan dinilai benar, jika pernyataan iu sesuai denngan kenyataan empiris. Contoh: jika pernyataan “Saat ini hujan turun”, (benar, jika indra kita menangkap hujan turun, dan salah, jika tidak turun). Koherensi berarti sebuah pernyataan dinilai benar, jika pernyataan itu mengandung koherensi logis (dapat diuji dengan logika barat).


Dalam filsafat barat secara sistematis terbagi menjadi tiga bagian besar yakni:
a.       Bagian filsafat yang mengkaji tentang ada (being).
b.      Bidang filsafat yang mengkaji pengetahuan (epistimologi dalam arti luas).
c.       Bidang filsafat yang mengakaji nilai-nilai menentukan apa yang seharusnya dilakukan manusia (aksiologi).
Beberapa tokoh dalam filsafat barat yaitu: Wittgenstein, Imanuel Kant, dan Rene Descartes.
Wittgenstein mempunyai aliran analitik (filsafat analitik) yang dikembangkan di negaranegara yang berbahasa Inggris, tetapi juga diteruskan di Polandia. Filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berbau ºmetafisik´. Filsafat analitik menyerupai ilmu-ilmu alam yang empiris, sehingga kriteria yang berlaku dalam ilmu eksata juga harus dapat diterapkan pada filsafat. Yang menjadi obyek penelitian filsafat analitik sebetulnya bukan barang-barang, peristiwa-peristiwa, melainkan pernyataan, aksioma, prinsip. Filsafat analitik menggali dasar-dasar teori ilmu yang berlaku bagi setiap ilmu tersendiri. Yang menjadi pokok perhatian filsafat analitik ialah analisa logika bahasa sehari-hari, maupun dalam mengembangkan sistem bahasa buatan.
Imanuel Kant mempunyai aliran atau filsafat ºkritik´ yang tidak mau melewati batas kemungkinan pemikiran manusiawi. Rasionalisme dan empirisme ingin disintesakannya. Untuk itu ia membedakan akal, budi, rasio, dan pengalaman inderawi. Pengetahuan merupakan hasil kerja sama antara pengalaman indrawi yang aposteriori dan keaktifan akal, faktor priori. Struktur pengetahuan harus kita teliti. Kant terkenal karena tiga tulisan: (1) Kritik atas rasio murni, apa yang saya dapat ketahui. Ding an sich, hakikat kenyataan yang dapat diketahui. Manusia hanya dapat mengetahui gejala-gejala yang kemudian oleh akal terus ditampung oleh dua wadah pokok, yakni ruang dan waktu. Kemudian diperinci lagi misalnya menurut kategori sebab dan akibat dst. Seluruh pengetahuan kita berkiblat pada Tuhan, jiwa, dan dunia.



(2) Kritik atas rasio praktis, apa yang harus saya buat. Kelakuan manusia ditentukan oleh kategori imperatif, keharusan mutlak: kau harus begini dan begitu. Ini mengandaikan tiga postulat: kebebasan, jiwa yang tak dapat mati, adanya Tuhan. (3) Kritik atas daya pertimbangan. Di sini Kant membicarakan peranan perasaan dan fantasi, jembatan antara yang umum dan yang khusus.
Rene Descartes berpendapat bahwa kebenaran terletak pada diri subyek. Mencari titik pangkal pasti dalam pikiran dan pengetahuan manusia, khusus dalam ilmu alam. Metode untuk memperoleh kepastian ialah menyangsikan segala sesuatu. Hanya satu kenyataan tak dapat disangsikan, yakni aku berpikir, jadi aku ada. Dalam mencari proses kebenaran hendaknya kita pergunakan ide-ide yang jelas dan tajam. Setiap orang, sejak ia dilahirkan, dilengkapi dengan ide-ide tertentu, khusus mengenai adanya Tuhan dan dalildalil matematika. Pandangannya tentang alam bersifat mekanistik dan kuantitatif. Kenyataan dibaginya menjadi dua yaitu: ³res extensa dan res copgitans´.[6]
2.      Filsafat Timur
Filsafat Timur adalah tradisi falsafi yang terutama berkembang di Asia, khususnya di India, Tiongkok, dan daerah-daerah lain yang pernah dipengaruhi budayanya. Sebuah ciri khas filsafat timur ialah dekatnya hubungan filsafat dengan agama. Meskipun hal ini kurang lebih juga bisa dikatakan untuk filsafat barat, terutama di Abad Pertengahan, tetapi di Dunia Barat filsafat `an sich` masih lebih menonjol daripada agama. Nama-nama beberapa filosof: lao Tse, Kong Hu Cu, Zhuang Zi, dan lain-lain.
Pemikiran filsafat timur sering dianggap pemikiran yang tidak rasional, tidak sistematis, dan tidak kritis. Hal ini disebabkan pemikiran timur lebih dianggap agama dibanding filsafat. Pemikiran timur tidak menampilkan sistematikaseperti dalam filsafat barat.





3.      Filsafat Islam
Filsafat Islam itu pada dasarnya merupakan medan pemikiran yang terus berkembang dan berubah. Dalam kaitan ini, diperlukan pendekatan historis terhadap Filsafat Islam yang tidak hanya menekankan pada studi tokoh, tetapi yang lebih penting lagi adalah memahami proses dialektik pemikiran yang berkembang melalui kajian-kajian tematik atas persoalan-persoalan yang terjadi pada setiap zaman. Oleh karena itu, perlu dirumuskan prinsip-prinsip dasar filsafat Islam, agar dunia pemikiran Islam terus berkembang sesuai dengan perubahan zaman.
Musa Asy’ari berpendapat bahwa filsafat Islam dapatlah diartikan sebagai kegiatan pemikiran yang bercorak Islami. Islam di sini menjadi jiwa yang mewarnai suatu pemikiran. Filsafat disebut Islami bukan karena yang melakukan aktivitas kefilsafatan itu orang yang beragama Islam, atau orang yang berkebangsaan Arab atau dari segi objeknya yang membahas mengenai pokok-pokok.[7]
Filsafat Islam ini sebenarnya mengambil tempat yang istimewa. Sebab dilihat dari sejarah, para filosof dari tradisi ini sebenarnya bisa dikatakan juga merupakan ahli waris tradisi Filsafat Barat (Yunani).
Terdapat dua pendapat mengenai sumbangan peradaban Islam terhadap filsafat dan ilmu pengetahuan, yang terus berkembang hingga saat ini. Pendapat pertama mengatakan bahwa orang Eropa belajar filsafat dari filosof Yunani seperti Aristoteles, melalui kitab-kitab yang disalin oleh St. Agustine (354±430 M), yang kemudian diteruskan oleh Anicius Manlius Boethius (480±524 M) dan John Scotus. Pendapat kedua menyatakan bahwa orang Eropa belajar filsafat orang-orang Yunani dari buku-buku filsafat Yunani yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab oleh filosof Islam seperti Al-Kindi dan Al-Farabi.





Terhadap pendapat pertama Hoesin (1961) dengan tegas menolaknya, karena menurutnya salinan buku filsafat Aristoteles seperti Isagoge,Categories, dan Porphyry telah dimusnahkan oleh pemerintah Romawi bersamaan dengan eksekusi mati terhadap Boethius, yang dianggap telah menyebarkan ajaran yang dilarang oleh negara. Selanjutnya dikatakan bahwa seandainya kitab-kitab terjemahan Boethius menjadi sumber perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan di Eropa, maka John Salisbury, seorang guru besar filsafat di Universitas Paris, tidak akan menyalin kembali buku Organon karangan Aristoteles dari terjemahan-terjemahan berbahasa Arab, yang telah dikerjakan oleh filosof Islam (Haerudin, 2003).
Majid Fakhri cenderung mengangap filsafat Islam sebagai mata rantai yang menghubungkan Yunani dengan Eropa modern. Kecenderungan ini disebut europosentris yang berpendapat filsafat Islam telah berakhir sejak kematian Ibn Rusyd. Pendapat ini ditentang oleh Henry Corbin dan Louis Massignon yang menilai adanya eksistensi filsafat Islam. Menurut Kartanegara (2006) dalam filsafat Islam ada empat aliran yakni:
Peripatetik (memutar atau berkeliling) merujuk kebiasaan Aristoteles yang selalu berjalan-jalan mengelilingi muridnya ketika mengajarkan filsafat. Ciri khas aliran ini secara metodologis atau epistimologis adalah menggunakan logika formal yang berdasarkan penalaran akal (silogisme), serta penekanan yang kuat pada daya-daya rasio. Tokoh-tokohnya yang terkenal yakni: Al Kindi (w. 866), Al Farabi (w. 950), Ibnu Sina (w. 1037), Ibn Rusyd (w. 1196), dan Nashir al Din Thusi (w.1274).
Aliran Iluminasionis (Israqi). Didirikan oleh pemikir Iran, Suhrawardi Al Maqtul (w. 1191). Aliran ini memberikan tempat yang penting bagi metode intuitif (irfani). Menurutnya dunia ini terdiri dari cahaya dan kegelapan. Baginya Tuhan adalah cahaya sebagai satu-satunya realitas sejati (nur al anwar), cahaya di atas cahaya.
Aliran Irfani (Tasawuf). Tasawuf bertumpu pada pengalaman mistis yang bersifat supra-rasional. Jika pengenalan rasional bertumpu pada akal maka pengenalan sufistik bertumpu pada hati. Tokoh yang terkenal adalah Jalaluddin Rumi dan Ibn Arabi.

Aliran Hikmah Mutaaliyyah (Teosofi Transeden). Diwakilioleh seorang filosof syiah yakni Muhammad Ibn Ibrahim Yahya Qawami yang dikenal dengan nama Shadr al Din al Syirazi, Atau yang dikenal dengan Mulla Shadra yaitu seorang filosof yang berhasil mensintesiskan ketiga aliran di atas.
Dalam Islam ilmu merupakan hal yang sangat dianjurkan. Dalam Al Quran kata al-ilm dan katakata jadiannya digunakan lebih 780 kali. Hadis juga menyatakan mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Dalam pandangan Allamah Faydh Kasyani dalam bukunya Al Wafi: ilmu yang diwajibkan kepada setiap muslim adalah ilmu yang mengangkat posisi manusia pada hari akhirat, dan mengantarkannya pada pengetahuan tentang dirinya, penciptanya, para nabinya, utusan Allah, pemimpin Islam, sifat Tuhan, hari akhirat, dan hal-hal yang mendekatkan diri kepada Allah.
Dalam pandangan keilmuan Islam, fenomena alam tidaklah berdiri tanpa relasi dan relevansinya dengan kuasa ilahi. Mempelajari alam berarti akan mempelajari dan mengenal dari dekat cara kerja Tuhan. Dengan demikian penelitian alam semesta (jejak-jejak ilahi) akan mendorong kita untuk mengenal Tuhan dan menambah keyakinan terhadapnya. Fenomena alam bukanlah realitas-realitas independen melainkan tanda-tanda Allah SWT. Fenomena alam adalah ayat-ayat yang bersifat qauniyyah, sedangkan kitab suci ayat-ayat yang besifat qauliyah. Oleh karena itu ilmu-ilmu agama dan umum menempati posisi yang mulia sebagai obyek ilmu.




DAFTAR PUSTAKA
Jalaluddin dan Abdullah Ildi. 2010. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Cetakan III, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nata, Abuddin. 2011. Metodologi Studi Islam. Cetakan ke-XVIII, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Zubaedi, Dr. , dkk. 2010. Filsafat Barat: Dari Logika Baru Rene Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Kuhn. Cetakan II, Jogjakarta: Ar-Ruzz Group.
[1]  H. Abduddin Nata, Metodologi Studi Islam, Cetakan ke-XVIII. (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), Ed. Revisi, Hal. 254.
[2]  Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Cetakan Ketiga. (Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2010). Hal. 15-17.
[3]  Filsafat Ilmu dan Metode Riset (Pdf), Bab. 1, Hal. 5-8.
[4] Zubaedi, Filsafat Barat: Dari Logika Rene Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Kuhn, Cetakan II. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010). Hal. 17.
5. H.A Mustofa, 2004, Filsafat Islam, hal. 9
9. Yusuf Qardawi, 1998, Al-Qur’an Berbicara tentang Akal dan
Ilmu Pengetahuan, hal. 88
                          




[1]H.A Mustofa, 2004, Filsafat Islam, hal. 9
[2]Yusuf Qardawi, 1998, Al-Qur’an Berbicara tentang Akal dan
Ilmu Pengetahuan, hal. 88
[3]H. Abduddin Nata, Metodologi Studi Islam, Cetakan ke-XVIII. (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), Ed. Revisi, Hal. 254.
[4]Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Cetakan Ketiga. (Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2010). Hal. 15-17.
[5]Filsafat Ilmu dan Metode Riset (Pdf), Bab. 1, Hal. 5-8.
[6]Zubaedi, Filsafat Barat: Dari Logika Rene Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Kuhn, Cetakan II. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010). Hal. 17.