UAS Simdak

1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan database?
Data Base merupakan sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundansi data. Sistem manajemen berbasis data (database management system-DBMS) adalah peranti lunak yang memudahkan organisasi untuk memusatkan data, mengelola data secara efisien, dan menyediakan akses data bagi program aplikasi. DBMS memperkecil redundansi dan inkonsistensi data dengan meminimalisasi file-file terpisah yang berisi data yang sama. Jenis DBMS yang paling populer dewasa ini untuk PC juga untuk komputer yang lebih besar dan mainframe adalah DBMS relasional. Sebuah DBMS hierarkis memodelkan hubungan satu ke banyak, sementara DBMS jaringan memodelkan hubungan banyak ke banyak. Sebuah DBMS berorientasi objek (object oriented DBMS) menyimpan data dan prosedur yang menganggap data tersebut sebagai objek yang secara otomatis dapat diambil kembali dan dibagikan.
Adpun pengertian data base menurut para ahli adalah
a.    Menurut Gordon C. Everest, Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.
b.    Menurut C.J. Date, Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi  dari suatu organisasi.
-    Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
-    Data output adalah data yang dihasilkan sistem
-    Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem
c.    Menurut Toni Fabbri, Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.
d.    Menurut S. Attre, Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi atau enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.
e.    Menurut Wing Wahyu Winarno, Data Base (Basis data) merupakan salah satu komponen penting sistem informasi. Basis data merupakan tempat untuk menyimpan berbagai macam data yang nantinya akan diproses untuk dijadikan informasi yang diperlukan oleh berbagai pihak, baik intern maupun ekstern.
Data Base (basis data) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan. Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya field atau kolom kunci dari tiap file atau tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record (umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record.
Adapun Struktur Database adalah:
a.    File atau Table
b.    Record
c.    Elemen data atau Field
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai beberapa kriteria penting, yaitu :
a.    Bersifat data oriented dan bukan program oriented.
b.    Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.
c.    Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya.
d.    Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah
e.    Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.
Prinsip utama Data Base adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibelitas dan kecepatan pada saat pengambilan data kembali. Adapun ciri-ciri basis data diantaranya adalah sebagai berikut :
a.    Efisiensi meliputi kecepatan, ukuran, dan ketepatan
b.    Data dalam jumlah besar.
c.    Berbagi Pakai (dipakai bersama sama atau Sharebility).
d.    Mengurangi bahkan menghilangkan terjadinya duplikasi dan ketidakkonsistenan data.


2.    Sebutkan beberapa aplikasi untuk pembuatan database! Jelaskan keunggulan dan kelemahannnya!
 Dari sekian banyak aplikasi Database Storage Engine, ada beberapa aplikasi data base yang paling banyak digunakan yaitu Ms. Access, MySql, SQL Server, Postgre dan Oracle. Semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Di sini saya akan sedikit berbicara menyenai perbedaan di antara ke limanya.
a.    Ms. Access
Ms. Access adalah Database Storage Engine buatan dari Microsoft yang menempel di produk Microsoft Office. Untuk instalasinya membutuhkan space di hardisk yang lumayan gedhe. Engine ini hanya bisa dijalankan di lingkup sistem operasi Windows saja. Kapasitas datanya sangat terbatas sehingga hanya cocok jika diaplikasikan untuk small system atau home bisnis. Untuk keamananya tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.
b.    MySql
Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.
c.    SQL Server
Database Storage Engine buatan Microsoft. Engine ini berbayar, akan tetapi Microsoft juga menyediakan yang versi gratisan (Express Edition). Karena buatan dari Bos Bill Gates maka Engine ini hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows saja (monoplatform). Keamanan datanya sudah lumayan. Kapasitas penyimpanan datanya tidak mencapai Tera Byte, sehingga sudah mampu untuk diterapkan di aplikasi besar. SQL Server banyak bermain di Memori untuk processing. Untuk bacup data Ms SQL banyak extensinya ada extensi .MDB, .BAK, .file. Denger – denger kapasitas rollback dan recoverinya tidak secanggih di Oracle.
d.    Postgre
Database Storage Engine ini bersifat open source atau gratisan yang dikembangkan oleh berbagai developer didunia.untuk sintax query postgre sql menggunakan ANSI SQL 89, 92 dan 99. untuk postgre sql sudah support joins, views, aggregasi.
e.    Oracle
Database Storage Engine ini bisa menyimpan data sampai ukuran tera byte, dan database oracle juga meyediakan yang gratisan versi home edition untuk sekedar yang ingin belajar oracle aja sedangkan untuk versi enterprisenya kita harus bayar. sejauh yang saya tahu dalam pengalaman saya, untuk bagian query-nya oracle tetap menggunakan standard bahasa SQL. oralce bisa digunakan diberbagai platform seperti unix, windows, atau yang lainnya. Untuk masalah keamanan oracle bisa dibilang baik. untuk masalah perfomance oracle kebanyakan bermain di harddisk jadi klo anda ingin menggunakan oracle anda harus menyediakan space harddisk yang cukup besar. untuk backup oracle mempunyai extensi sendiri namanya file DMP.

3.    Jelaskan tentang sistem pengambilan keputusan!
Pengambilan keputusan merupakan proses pemilihan alternative tindakan untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pendekatan sistematis terhadap permasalahan melalui proses pengumpulan data menjadi informasi serta ditambah dengan faktor – faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.
Menurut Herbert A. Simon, ada tahap – tahap yang harus dilalui dalam proses pengambilan keputusan sebagai berikut :
a.    Tahap Pemahaman (Inteligence Phace)
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses dan diuji dalam rangka mengidentifikasikan masalah.
b.    Tahap Perancangan (Design Phace)
Tahap ini merupakan proses pengembangan dan pencarian alternatif tindakan  atau  solusi yang dapat diambil. Tersebut merupakan representasi kejadian nyata yang disederhanakan, sehingga diperlukan proses validasi dan vertifikasi untuk mengetahui keakuratan model dalam meneliti masalah yang ada.
c.    Tahap Pemilihan (Choice Phace)
Tahap ini dilakukan pemilihan terhadap diantaraberbagai alternatif solusi yang dimunculkan pada tahap perencanaan agar ditentukan atau dengan memperhatikan kriteria – kriteria berdasarkan tujuan yang akan dicapai.
d.    Tahap Impelementasi (Implementation Phace)
Tahap ini dilakukan penerapan terhadap rancangan sistem yang telah dibuat pada tahap perancanagan serta pelaksanaan alternatif tindakan yang telah dipilih pada tahap pemilihan.
Keputusan – keputusan yang dibuat pada dasarnya dikelompokkan dalam 2 jenis, antara lain:
a.     Keputusan Terprogram
Keputusan ini bersifat berulang dan rutin, sedemikian hingga suatu prosedur pasti telah dibuat menanganinya sehingga keputusan tersebut tidak perlu diperlakukan de novo (sebagai sesuatu yang baru) tiap kali terjadi.
b.    Keputusan Tak Terprogram
Keputusan ini bersifat baru, tidak terstruktur dan jarang konsekuen. Tidak ada metode yang pasti untuk menangani masalah ini karena belum ada sebelumnya atau karena sifat dan struktur persisnya tak terlihat atau rumit atau karena begitu pentingnya sehingga memerlukan perlakuan yang sangat khusus.
Dengan pengertian diatas dapat dijelaskan bahwa sistem pendukung keputusan bukan merupakan alat pengambilan keputusan, melainkan merupakan sistem yang membantu pengambil keputusan dengan melengkapi mereka dengan informasi dari data yang telah diolah dengan relevan dan diperlukan untuk membuat keputusan tentang suatu masalah dengan lebih cepat dan akurat. Sehingga sistem ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan pengambilan keputusan dalam proses pembuatan keputusan.

4.    Apa urgensi sistem informasi manajemen dakwah bagi organisasi dakwah? Jelaskan!
 Menurut saya dalam pembahasan Sistem Informasi Manajemen sangat erat kaitannya dengan orang dan organisasi, khususnya bagi organisasi dakwah. Orang disini adalah pengguna atau user, sedangkan organisasi adalah tempat orang berkelompok bekerja sama dengan berbagai macam tingkat keahlian untuk mencapai tujuan yang telah mereka sepakati bersama. kalau tujuan mereka adalah untuk mencari keuntungan maka organisasi mereka disebut perusahaan. agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik perlu pengelolaan, pekerjaan mengelola itu disebut manajemen dan orang yang mengelola atau memimpin disebut manejer. Informasi merupakan salah satu sumber daya yang paling utama dimiliki oleh organisasi. Sebuah organisasi dipimpin oleh seorang manajer yang mampu mengelola informasi dan bertanggung jawab atas segala sesuatu tujuan yang berbeda dalam organisasi. Perbedaan tersebut merupakan konflik manajemen yang merupakan alasan munculnya kebijaksanaan dalam organisasi sehingga antara sekelompok orang, organisasi, dan sistem informasi manajemen tidak dapat dipisahkan yang menjadi satu kesatuan.
Sistem informasi manajemen dakwah sangat memiliki banyak manfaat bagi keberhasilan suatu organisasi dakwah. Sistem informasi manajemen dakwah menganalisis sistem manajemen mana yang pantas untuk diaplikasikan dalam suatu sistem. Sistem ini pun akan merancang ulang proses dakwah, disini peran organisasi harus mampu menganalisis mana proses kegiatan dakwah yang masih relevan atau tidak dan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi suatu masyarakat tertentu. Kemudian sistem infomasi manajemen dakawah akan mampu membuat suatu program dakwah yang akan meningkatkan pelayanan kepada umat.


Dari penjelasan dia atas dapat disimpulkan bahwa manfaat sistem informasi manajemen dakwah bagi organisasi dakwah adalah:
a.    Sistem informasi manajemen dakwah merupakan sarana dan alat untuk menggambarkan secara faktual mengenai kondisi dan situasi internal maupun eksternal organisasi.
b.    Sistem informasi manajemen dakwah membantu untuk memaksimalkan setiap fungsi-fungsi atau bidang manajemen organisasi dakwah tersebut.
c.    Sistem informasi manajemen dakwah membantu organisasi dakwah untuk melaksanakan kegiatan dakwah yang objektif dan tidak kaku.

5.    Jelaskan tentang perancangan sistem informasi!
Informasi merupakan hal yang dianggap memiliki tingkat lebih tinggi dan aktif dibandingkan dengan data. Informasi yang diperoleh melalui suatu sistem dan teknologi merupakan suatu pengetahuan yang akan digunakan untuk pengambilan suatu keputusan.
Pada suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti :
a.    Perangkat keras (hardware) : mencakup piranti-piranti fisik seperti komputer, server, dan printer.
b.    Perangkat lunak (software) atau program : sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
c.    Prosedur : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan keluaran yang dikehendaki.
d.    Orang : semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi.
e.    Basis data (database) : sekumpulan tabel, hubungan, data grafis, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
f.    Jaringan komputer dan komunikasi data: sistem penghubung yang memungkinkan sumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.
Dalam Tahapan Pembangunan Sistem Informasi. Sistem Informasi diperlukan untuk beberapa tahapan yang satu sama lain saling berkaitan dan merupakan suatu siklus yang tidak pernah berhenti. Adapaun tahapan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a.    Identifikasi
Pemahaman awal perlunya pembuatan sistem informasi dan permintaan formal untuk mengembangkan sistem informasi.
b.    Inisiasi dan Perencanaan
Untuk menentukan spesifikasi kebutuhan dan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi dapat membantu penyelesaian permasalahan. Pada tahap ini dibuat keputusan perlunya dibuat suatu aplikasi atau mengembangkan aplikasi yang sudah ada.
c.    Analisis
Melakukan analisis untuk membuat spesifikasi dan mengstrukturkan kebutuhan pengguna serta menseleksi aplikasi lain yang sudah ada. Pada tahapan ini akan diperoleh spesifikasi fungsional sistem.
d.    Perencanaan Logika
Mendapatkan dan menstrukturkan kebutuhan sistem informasi secara keseluruhan. Pada tahap ini akan diperoleh spesifikasi rinci data, laporan, tampilan, dan aturan pemrosesan.
e.    Perancangan Fisik
Mengembangkan spesifikasi teknologi yang akan digunakan, pada tahap ini akan diperoleh struktur program dan basisdata, serta perancangan struktur fisik.
f.    Implementasi
Pembuatan program dan basisdata, melakukan instal dan menguji sistem. Pada tahapan ini akan diperoleh program aplikasi dan dokumentasi.
g.    Pemeliharaan
Melakukan pemantauan kegunaan dan fungsi sistem, serta melakukan audit sistem secara periodik.

6.    Bagaimana cara mengelola sebuah sistem informasi? Jelaskan!


Kegiatan utama dari Semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output).
Data merupakan fakta – fakta atau sesuatu yang dianggap (belum mempunyai arti) nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
Informasi merupakan data yang telah diproses atau hasil pengolahan data yang memiliki arti. yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sistem informasi manajemen yang baik adalah Sistem informasi manajemen yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat. Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.
Dalam sebuah organisasi data dan informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, non-komputer atau kombinasi keduanya. tanpa adanya dua unsur  ini, kegiatan operasional tidak akan bisa berjalan karena organisasi membutuhkan informasi untuk bahan pengambilan keputusan dan untuk memperoleh informasi tersebut dibutuhkannya data–data yang bersumber dari lingkungan pendukung sebuah organisasi. Sehingga pertukaran data dan informasi sangat dibutuhkan.
Di dalam sebuah Sistem informasi manajemen komputer bukan prasyarat mutlak secara teoritis, namun dalam praktek Sistem informasi manajemenyang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer. Prinsip utama perancangan Sistem informasi manajemen: Sistem informasi manajemenharus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama.
Sistem informasi manajemen bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. Sistem informasi manajemenmenyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output

7.    Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen dakwah? Jelaskan!
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Jerry FithGerald ; sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi.
Data merupakan raw material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat relatif tergantung pada nilai gunanya  bagi manajemen yang memerlukan. Suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya, atau sebaliknya.
Sistem informasi adalah Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Atau Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung  operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.
Sebuah sistem informasi manajemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan semua pengolahan transaksi yang perlu untuk sebuah organisasi, juga memberi dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dan pengambilan keputusan. Sistem informasi yang demikian itu telah ada sebelum munculnya komputer. komputer telah menambahkan sebuah teknologi baru dan ampuh pada sistem informasi.
Sistem informasi manajemen dakwah dapat didefinisikan sebagai system informasi yang disusun dengan mempergunakanmempergunakan prosedur-prosedur yang formal, dengan tujuan memberikan informasi yang relevan kepada manajer baik itu informasi  internal maupun informasi eksternal pada seluruh fungsi organisasi yang  bersangkutan, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara efektif. Sistem informasi yang formal makin dirasakan penting keberadaannya apabila  operasi perusahaan bertambah besar dan bertambah rumit.
Sistem tersebut memanfaatkan perangkat keras dan  perangkat lunak komputer, dan prosedur-prosedur manual, model-model untuk  analisis, perencanaan, pengawasan, pengambilan keputusan dan suatu data base dilihat dari beberapa segi dua definisi tersebut:
·    Ditekankan pada pada suatu sistem mesin
·    Sebuah organisasi
·    Pihak penyaji informasi
·    Terdapat dalam suatu organisasi
·    Titunjukan untuk sesuatu hal yaitu operasi sebuah perusahaaan, analisis dan
pengambilan keputusan
·    Dilibatkan computer, prosedur, suatu data base
Meskipun kenyataannya computer tidak lebih daripada alat untuk memproses data, banyak manajer memendang komputer sebagai elemen pusat suatu sistem informasi. Kecendrungan sikap ini terlalu tinggi dan memutarbalikan peranan komputer. Peran sebenarnya adalah menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan, perencanaan dan kontrol.
Kerangka dasar dari sistem-sistem manajemen merupakan suatu langkah memahami  hubungan antara aktifitas-aktifitas manajemen dengan berbagai manfaat yang dapat diiperolehnya. Penting sekali memahami kedua macam sistem konseptual dan
empiris, sebab dengan demikian kita mampu meletakan dasar dari klasifikasi
sistem organisasi dan sistem informasi manajemen.
Evaluasi adalah proses penilaian, pengukuran sejauh mana program yang telah
direncanakan dapat terealisasikan dalam tiap pertemuan atau rencana serta
program diukur dalam parameter keberhasilan dan kegagalan. Dengan menganalisa
atau menilai melalui standar yang dibuat oleh lembaga atau organisasi dalam
memberikan informasi dakwah yang disampaikannya.
Evaluasi adalah suatu usaha untuk mengukur dan memberi nilai secaraa obyektif
pencapaian hasil-hasil yang telah direncanakan sebelumnya. Evaluasi sebagai
suatu fungsi manajemen berusaha untuk mempertanyakan efektifitas dan efensiensi
pelaksanaan dari suatu rencana sekalipun mengukur seobyektif hasil-hasil
pelaksanaan itu dengan ukuran-ukuran yang dapat diterima piahk-pihak yang
mendukung suatu rencana.
Tahapan Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Dakwah:
a.    Evaluasi terprogram yaitu evaluasi yang dilakukan ketika setiap ada kegiatan
atau program yang dilaksanakan.
b.    Evaluasi tahunan yaitu evaluasi yang dilakukan diakhir tahun tentang
informasi atau data yang dikeluarkan oleh sistem informasi manajemen dakwah itu
sendiri.
Secara ekplisit, pengertian evaluasi sering digunakan untuk menunjukan
tahap-tahap didlam siklus pengelolaan, yang secara umum dapat dibagi menjadi
tiga kategori yaitu:
a.    Evaluasi pada tahap perencanaan, untuk menetukan segala prioritas terhadap
berbagai alternatif dan kemungkinan terhadap cara mencapai tujuan yang telah
dirumuskan sebelumnya.
b.    Evaluasi pada tahap pelaksanaan, evaluasi ini adalah suatu kegiatan melakukan
analisa untuk menentukan tingkat kemajuan pelaksanaan dibandingkan dengan
rencana
c.    Evaluasi pada tahap pasca pelaksnaan, yang dinilai dan dianalisa adalah
evaluasi hasil pelaksnaan kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai.
Dari hasil evaluasi diatas maka dapat di analisis bahwa  Sistem Informasi Manajemen Dakwah akan mampu mengamati perkembangan dakwah, dilingkungan masyarakat seberapa jauh peran  serta sistem informasi manajemen dakwah memberikan konstribusi informasinya dalam memberikan gagasan maupun pemberitaan yang disampaikan. Selain itu Sistem Informasi Manajemen Dakwah akan Membuat peta dakwah, peran serta sistem informasi manajemen dakwah dalam menyampaikan pesan-pesannya sudah tersalurkan kebeberapa segmentasi masyarakat yang ada, baik keragaman yang ada dari segi budaya, sosial, politik, dan sebagainya.

8.    Apa manfaat sistem informasi manajemen buat para manajer dan para da’i?
 Implementasi sistem informasi terhadap proses dakwah menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM dalam bukunya Nilai dan Kualitas informasi bagi pengambilan keputusan ditentukan oleh dua hal yaitu : Manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. Bila dikaitkan dengan proses dakwah selalu terdapat :

 Bagi Input (da’i) haruslah mempunyai nilai dan kualitas informasi dalam dakwahnya yaitu harus bersumber dari Al-Qur’an dan hadist Rasul, juga ditambah pengetahuan yang lainnya (social, budaya, hukum, ekonomi, politik, dan sebagainya ) agar tidak hanya bisa berdakwah saja tetapi bisa menjadi seorang pemimpin dalam segala hal yang baik. Dan bagi da’I juga haruslah memperhatikan biaya untuk memdapatkannya itu agar tidak mengalami kerugian yang besar dalam kegiatan dakwahnya tersebut.
Dalam manajemen, pengambilan keputusan (decision making) memegang peranan yang sangat penting karena keputusan yang diambil oleh manajer atau da’I merupakan hasil pemikiran akhir yang harus dilaksanakan oleh bawahannya atau mereka yang bersangkutan dengan organisasi yang dipimpin. Yang jelas, pengambilan keputusan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Penganbilan keputusan adalah suatu proses pemikiran dalam rangka pemecahan suatu masalah untuk memperoleh hasil akhir untuk dilaksanakan. Dalam pengambilan keputusan haruslah mengetahui informasi-informasi apa saja yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan tersebut

9.    Jelaskan;
a.    Protokol
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim (transmitter) dan sisi penerima (receiver) agar komunikasi berlangsung dengan benar.
Fungsi dari protokol ini adalah untuk memungkinkan dua atau lebih komputer agar dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Protokol diantaranya:
a.    Syntax, merupakan format data dan cara pengkodean yang digunakan untuk mengkodekan sinyal.
b.    Semantix, digunakan untuk mengetahui maksud dari informasi yang dikirim dan mengoreksi kesalahan yang terjadi dari informasi tadi.
c.    Timing, digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data.

Adapun fungsi-fungsi dari protokol diantaranya:
a.    Fragmentasi dan Reassembly
Fungsi dari fragmentasi (membagi) dan reassembly (mengumpulkan) adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
b.    Encaptulation
Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode- kode koreksi dan lain-lain.
c.    Connection Control
Fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
d.    Flow Control 
Fungsi dari flow control adalah mengatur  perjalanan data dari transmitter ke receiver. 
e.    Error Control
Dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman
maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
f.    Transmission Service
Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.

b.    Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data. Komunikasi data yang bisa dilakukan melalui jaringan komputer dapat berupa data teks, gambar, video, dan suara.
§    Tujuan dari jaringan komputer adalah:
§    Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
§    Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
§    Akses informasi: contohnya web browsing
Dinamakan sebagai jaringan komputer (Computer Network) jika dalam  sekumpulan komputer tersebut dihubungkan melalui media fisik dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut. Sebuah jaringan komputer yang sangat sederhana bisa diperlihatkan  seperti gambar dibawah ini.

  
Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel, menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka (dengan terminator diujungnya). Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubung antar komputer pun mengalami perubahan serupa. Mulai dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknologi serat optik dan laser menjadi tumpuan perkembangan jaringan komputer. Hingga sekarang, teknologi jaringan computer bisa menggunakan teknologi “kelas” museum (seperti 10BASE2 menggunakan kabel coaxial) hingga menggunakan teknologi “langit” (seperti laser dan serat optik).

c.    Bandwith
Bandwith adalah perbedaan antara batas frekuensi atas dan batas frekuensi bawah (cutoff frequencies) dari, contohnya, filter , chanel komunikasi, atau spektum sinyal. Dan diberi dengan satuan Hertz. Didalam sebuah chanel atau disebut sebagai sinyal, bandwith umum didefinisikan sebagai batas frekuensi atas. Bandwith dalam satuan Hertz adalah suatu konsep umum didalam berbagai bidang, termasuk bidang elektronik, bidang informasi,komunikasi radio, proses sinyal, dan spectroscopy.
Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Trafik) adalah data yang keluar+masuk atau upload+download ke account anda. Misalnya anda menerima atau mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima atau dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim atau terima, 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account anda bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman web anda ke PC-nya), atau anda upload gambar atau file ke account anda dan sebagainya.
Di dalam sistem komputer network dan berbagai jenis digital lainnya, definisi bandwith sering kali direfernsikan sebagai bits per sekon, contohnya, jaringan network, definisi ini didasarkan pada Hartley’s Law, suatu chanel capacity suatu fisik dari komunikasi bekorelasi dengan bandwith dalam konsep Hertz, beberapa di definikan sebagai analog bandwith.
Bandwith adalah kunci untuk konsep berbagai jenis aplikasi telepon. Di dalam komunikasi radio, contohnya, bandwith adalah jarak dari frekuensi berdasar pada gelombang pembawa modulasi, di mana optic merupakan gelombang individu (spectral line) atau keseluruhan spektral line.
Di dalam beberapa konteks proses sinyal, bandwith adalah sumber yang valuable dan sumber yang terbatas. Contohnya, sebuah penerima tuner radio FM menerima beberapa jenis frekuensi. Sebuah agensi (sejenis Federal Communications Commission di AS) mengatur izin broadcaster mengenai bandwith agar tidak terjadi crash antara broadcaster-broadcaster lainnya. Setiap transmitter memiliki tiap-tiap bandwith, menjadi komoditi masing-masing pemegang (Broadcasters).
Pada pengaplikasian yang berbeda memberikan definisi yang berbeda. Contohnya, satu definisi bandwith bisa saja range dari beberapa frekuensi. Ini biasa disebut sebagai pendukung suatu notasi matematis frekuentif. Satu notasi frekuensi bisa berkisar 3 dB dibawah jumlah maksimum, atau dibawah 10 dB rata-rata. Sesuai definisi dari width itu sendiri, akan banyak pengertian-pengertian lain yang bersesuaian dengan kegunaannya.

10.    Apa yang dimaksud dengan internet dan world wide web?  Bagaimana cara keduanya mengubah peran yang dijalankan oleh sistem informasi dalam organisasi?
Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP atau IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC atau IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
Adapun untuk fasilitas-fasilitas dari internet itu sendiri adalah:
a.    Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
b.    E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada atau dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
c.    Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.
d.    FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.
Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila Anda bekerja dalam Internet, diantaranya yaitu:
a.    WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perputakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
b.    Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
c.    Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
d.    Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
e.    Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.
Adapun untuk WWW Perlu kita ketahui juga bahwa World Wide Web (WWW) bukanlah internet, demikian pula sebaliknya. Namun demikian, WWW dan internet sangat berkaitan satu sama lain. Internet adalah suatu jaringan komputer global, sedangkan WWW bukan sekedar jaringan tetapi di dalamnya terdapat suatu set aplikasi komunikasi dan sistem perangkat lunak yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
·    Umumnya teletak pada internet host dan client.
·    Umumnya menggunakan protocol TCP atau IP.
·    Menggunakan HTML.
·    Mengikuti model client atau server untuk komunikasi dua arah.
·    Memungkinkan client untuk mengakses server dengan berbagai protocol seperti HTTP, FTP, Telnet dan Gopher.
·    Memungkinkan client untuk mengakses informasi dalam berbagai media seperti teks, audio dan video.
·    Menggunakan model alamat Uniform Resource Locators (URL).
Dari banyaknya fasilitas komunikasi berbasis internet itu timbul ide untuk menyatukan tata cara akses data dalam suatu program aplikasi terpadu yang dapat menginterpretasikan spesifikasi data dalam format baku yang diberi istilah  URL (Uniform Resource Locator). Aplikasi ini secara otomatis menterjemahkan URL ke produser yang sesuai dengan protocol dalam berbagai macam aplikasi yang telah ada. Karena sifatnya yang menjaring data-data yang ada di internet, konsep penyatuan cara akses ini disebut World Wide Web (WWW).
Konsep WWW sangat sederhana pada simpul internet yang berkapasitas pada sistem web menyediakan salah satu atau dua-duanya dari program server dan program browser. Program server mengatur berkas-berkas di komputer bersangkutan yang boleh dibaca oleh pengguna internet. Sedangkan program browser dapat dipakai untuk berkas-berkas yang disediakan oleh server.

11.    Apa tujuan sistem informasi dalam perspektif dakwah? Peranan apa yang dijalankannya dalam rantai nilai informasi dakwah?
Sesuatu berita atau laporan baik tertulis maupun lisan, memiliki informasi bagi penerimanya apabila laporan tersebut relevan bagi sesuatu keputusan yang akan diambil saat sekarang maupun yang akan datang. Nilai informasi secara umum adalah nilai perubahan dalam prilaku keputusan yang disebabkan informasi, dikurangi biaya informasi tersebut. Seorang manajer atau da’i dalam pengambilan keputusan akan memilih salah satu berdasarkan informasi yang dimilikinya. Bila informasi baru menyebabkan diambilnya keputusan yang berbeda, maka nilai informasi baru adalah perbedaan nilai antara hasil keputusan lama dengan keputusan baru, dikurangi biaya untuk memperoleh informasi.
Informasi adalah bahan yang dihasilkan dari pengolahan data. Informasi berorientasi pada kegiatan manajemen, baik lini bawah (teknis), lini tengah (taktis), maupun lini atas (strategis). Nilai informasi bagi pengambilan keputusan adalah manfaat informasi untuk membantu memberi kejelasan dari sesuatu ketidakpastian atau untuk mengurangi ketidakpastian tertentu, sehingga manusia dapat membuat sesuatu keputusan dengan kepastian yang lebih baik dan menguntungkan.
Dikatakan bahwa informasi adalah alat bantu untuk mengurangi ketidakpastian. Makin besar bantuannya untuk mengurangi ketidakpastian makin tinggi nilai informasi tersebut. Data dan informasi merupakan juga sebagai bukti, rekaman, atau catatan kegiatan yang diperlukan oleh unit kerja pembuat data dan informasi itu sendiri Secara khusus dikatakan bahwa semua bisnis memerlukan data dan informasi untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengefektifkan menejemennya agar dapat mencapai tujuan dengan sukses.
Adapun untuk nilai-nilai sistem informasi bagi kegiatan dakwah adalah sebagai berikut:
a.    Nilai Informasi Yang Tepat
Nilai informasi yang tepat dihitung sebagai selisih antara kebijakan optimal tanpa informasi yang tepat dan kebijakan optimal dengan informasi yang tepat. Dalam memilih alternative, maka pilihannya adalah yang memberikan hasil tertinggi. Satu-satunya ketidakpastian adalah nilai setiap akhir.
b.    Nilai Informasi Yang Tidak Tepat
Konsep informasi yang tidak tepat  sempurna diterapkan dalam banyak situasi dimana sampling (pemercontohan) atau survai pasar mungkin menghasilkan informasi yang tidak tepat untuk diterapkan pada analisis keputusan.
Informasi bukanlah merupakan komoditi yang dapat diperoleh dan dikelola secara gratis. Hendaklah diperhitungkan seefesien dan seefektif mungkin biaya yang dikeluarkan untuk informasi dengan keuntungan yang diperoleh dari penggunaannya. Dengan kata lain informasi hendaklah :
·    Biaya lebih kecil dibandingkan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan informasi tersebut.
·    Dapat menurunkan pengeluaran nyata sehingga kurang dari biasa
·    Dapat meningkatkan keuntungan tidak langsung organisasi, seperti pekerjaan menjadi lancar, waktu penyelesai lebih cepat, pelayanan kepada pelanggan meningkat lebih baik dan sebagainya.
Sebagaimana kita ketahui bahwa nilai informasi bagi pengambilan keputusan sangatlah penting demi berhasilnya suatu keputusan tersebut. Maka haruslah mengetahui dalam mencari nilai informasi yang baik. Bahwa nilai informasi ditentukan oleh lima karakteristiknya, yaitu :
·    Ketelitian (accuracy)
·    Ketepatan waktu (timeliness)
·    Kelengkapan (complete)
·    Keringkasan (conciseness)
·    Kesesuaian (relevancy)


12.    Definisikan dan jelaskan piranti lunak open source dan linux. Apa manfaatnya bagi dunia dakwah?
12.1.    Open Source
Istilah Open source software digunakan oleh beberapa pihak yang artinya kurang lebih sama dengan Free Software tetapi lebih untuk menghindari istilah Free atau bebas yang sering diartikan gratis, disamping juga untuk menarik para pengguna bisnis. Gabungan dari Free Software dan Open Source Software membentuk istilah yang lebih dikenal dengan Free Open Source Software. Inilah yang saat ini sedang digalakkan untuk menekan angka pembajakan di Indonesia, salah satunya adalah IGOS (Indonesia, Go Open Source).
Definisi dari Free Software mengarah pada kebebasan untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Ada empat jenis kebebasan bagi para pengguna perangkat lunak, yaitu :
a.    Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja
b.    Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat.
c.    Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama pengguna.
d.    Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan dapat menyebarluaskan ke khalayak umum sehingga semua menikmati keuntungannya.
Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka atau membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open source software yang terkenal yaitu Linux.
Keberadaan open source software ini sangat ditunjang oleh internet. Mula-mula Open source software diambil dari internet kemudian digunakan oleh orang dan diperbaiki apabila ada kesalahan. Hasil perbaikan dari open source ini kemudian dipublikasikan kembali melalui internet yang memungkinkan orang lain menggunakan dan memperbaikinya. Dan begitulah seterusnya. Saat ini sangat mudah mendapatkan open source software di internet.
Pengembangan open source software melibatkan banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang berinteraksi melalui internet. Maka bermunculanlah berbagai macam software yang dibuat berbasis open source ini yang dipublikasikan melalui internet. Pola open source ini telah melahirkan developer-developer handal dari berbagai penjuru dunia.
Dengan pola open source orang dapat membuat dan mengembangkan apa yang disebut dengan free software. Software ini dapat digunakan tanpa perlu membayar lisensi atau hak cipta karena memang dikembangkan dengan pola open source. Jadi, dengan pola open source orang dapat mengembangkan software dan mempublikasikannya dengan bebas melalui internet. Maka tidak heran apabila kita akan banyak menemukan free software ini di internet dan bisa secara bebas mendownloadnya tanpa perlu membayar uang sepeser pun kepada pengembang software tersebut.
Free software disini juga bukan program kacangan. Anggapan bahwa barang yang gratis jelek kualitasnya tidak berlaku buat free software. Karena sudah terbukti kehandalannya. Dan karena free software berbasis open source maka software tersebut sudah melalui proses perbaikan yang terus menerus. Jadi tidak ada alasan tidak mau menggunakan free software ini dengan alasan kualitasnya yang tidak baik.
Dengan karakteristik yang telah disebutkan di atas maka tidak salah apabila kita menaruh harapan pada open source ini sebagai platform alternatif yang bisa kita gunakan dalam komputer kita. Penerapan pola open source di Indonesia juga dapat menghilangkan pemakaian software komersial secara ilegal dan memungkinkan bangsa Indonesia dikenal karya ciptanya dengan ikut mengembangkan open source software.

12.2.    Linux
Komputer tanpa sistem operasi tidak akan memenuhi kebutuhan dasar manusia. Karena itu dibuat sistem operasi. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Linux adalah salah satu sistem operasi yang bertipe unix dan berlisensi opensource atau source codenya dishare. Jadi linux boleh diedit oleh siapa saja. Itu merupakan kelebihan dari linux. Karena open source maka linux banyak developernya.
Software linux dan windows tentu saja beda. Karena basisnya saja berbeda. Jadi jangan berpikir kalau punya software windows bisa dipakai di linux. Tetapi tenang karena ada software di linux yang bernama wine atau windows emulator. Lalu cara install software linux beda-beda.
Karena open source maka developer dan jenis-jenis linux atau yang sering disebut distro sangat banyak. Diantaranya adalah (Sumber) :
a.    PCLinuxOS
PCLinuxOS adalah satu Sistem Operasi Open Source. PCLinuxOS juga suatu distribusi GNU atau Linux, itu berdasar pada kernel Linux menggunakan GNU toolset. PCLinuxOS salah satu dari penyedia-penyedia dunia yang sedang naik bintang karena userfriendly pada desktop.
b.    Debian
Debian format paket programnya yang menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM. Debian juga sudah menggunakan metode autodetect untuk penggunaan peripheral pada komputer.
c.    Redhat
Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop atau PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.
d.    Caldera
Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware (seperti plug and play pada Mac)
e.    Slackware
Slackware adalah distribusi linux yang pertama yang merupakan distribusi linux yang murni.
f.    Suse
Suse Linux dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. Suse adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.
g.    Corel
Corel Linux dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafis, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot system
h.    Turbo
Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux atau UNIX. Turbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer.
i.    Mandriva
Mandriva Linux yang sebelumnya bernama Mandrakelinux atau Mandrake Linux merupakan suatu distribusi Linux yang diciptakan oleh Mandriva. Itu menggunakan RPM Package Manager. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yang handal. Tujuan awal dari diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan installasi dan penggunaan Linux itu sendiri. Sebelum keluarnya Corel Linux, Mandrake merupakan distribusi linux yang paling familiar. Jika Redhat keluar desktop manager menggunakan Gnome, maka linux Mandrake keluar dengan desktop manager KDE buatan SuSE Jerman
j.    Ubuntu
Ubuntu Linux hadir dalam dua versi yaitu versi LiveCD dan versi Install. Anda bisa memakai versi LiveCD kalau anda tidak ingin menginstallnya kedalam Komputer.
Linux memiliki struktur sistem yang berbeda dengan sistem operasi yang umumnya dipakai dan dikenal di Indonesia sekarang, yaitu Microsoft Windows. Di Linux, semuanya dianggap sebagai file, mulai dari hardware, partisi, file, direktori, device dan sebagainya. Susunan direktorinya pun berbeda, tidak dikenal adanya drive letter (c:\, d:\, e:\ dan sebagainya), yang dikenal adalah susunan seperti pohon atau tree yang dimulai dari root.
Menurut saya kedua software ini sangat bermanfaat bagi kegiatan dakwah. Dalam pemanfaatan atau pengaplikasian kedua software tersebut kegiatan dakwah biosa lebih mudah dibuat dan di akses oleh siapa saja. Dalam penggunaan open source software, para da’i atau para manajer dakwah akan mampu membuat sebuah aplikasi web yang membantu dia dalam kegiatan dakwahnya. Selain ini itu open source ini di bantu oleh program Linux dimana program ini mempunyai aplikasi-aplikasi yang dikhususkan untuk suatu program sehingga akan lebih mudah dalam pengaplikasiannya.

13.    Apa kegunanaan dari kebijakan informasi dan administrasi data di dalam manajemen informasi?
Perusahaan menggunakan basis data untuk melacak transaksi dasar, seperti membayar pemasok, memproses pesanan, melacak pelanggan, dan membayar gaji karyawan. Tapi perusahaan juga membutuhkan basis data untuk menyediakan informasi yang akan membantu perusahaan menjalankan bisnis dengan lebih efisien, dan membantu manajer dan karyawan membutat keputusan lebih baik.
Gudang data (data warehouse) adalah basis data yang menyimpan data yang sekarang dan terdahulu yang mungkin dimintai oleh para pembuat keputusan di seluruh perusahaan. Data mark adalah subset dari gudang data yang di dalamnya terdapat ringkasan atau porsi data perusahaan yang sangat terfokus, ditempatkan dalam basis data terpisah untuk suatu populasi atau pengguna tertentu. Perangkat-perangkat untuk menggabungkan, menganalisis dan menyediakan akses untuk data yang luas untuk membantu pengguna mengambil keputusan bisnis yang lebih baik sering disebut sebagai inteligensi bisnis (business intlligence).
Kebijakan informasi (information policy) menentukan aturan-aturan organisasi dalam hal pembagian, penyebaran, perolehan, standardisasi, klasifikasi, dan penyimpanan dari informasi. Administrasi data (data administration) bertanggung jawab atas kebijakan dan prosedur yang mengatur data sebagai sumber daya organisasi. Basis data dan kebijakan informasi yang dirancang dengan baik akan berlanjut pada jaminan bahwa perusahaan akan memiliki informasi yang dibutuhkannya. Analisis kualitas data sering dimulai dengan audit kualitas data (data quality audit) yang merupakan survei terstruktur atas akurasi dan tingkat kelengkapan dari data dalam sebuah sistem informasi.
Pembersihan data (data cleansing atau data scrubbing) adalah kegiatan mendeteksi dan mengoreksi data dalam basis data yang tidak benar, tidak lengkap, formatnya tidak tepat, atau berlebihan. Pembersihan data tidak hanya mengoreksi kesalahan, tetapi juga menekankan antara sekumpulan data yang berbeda yang berasal dari sistem informasi yang terpisah.


DAFTAR PUSTAKA

Winarno, Wing Wahyu. 2006. Sistem Informasi Manajemen.  Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Sudrajat, Sugito, dkk. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Sutabri, Tata. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi
Hand Out Modul pada perkuliahan Sistem Informasi Manajemen Dakwah oleh Bapak Asep Iwan Setiawan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

0 komentar:

Poskan Komentar