Jurnalisme Dakwah

PENDAHULUAN
Jurnalistik adalah ilmu yang meliputi kegiatan mulai dari peliputan berita, samapi pada hal penyebarannya pada khalayak. Dengan kata lain jurnalistik juga dipahami sebagai sebuah kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan dan penyampaiaan berita kepada masyarakat lewat saluran media tertentu.
Saat ini jurnalistik adalah ilmu yang berhubungan tidak hanya dengan media cetak (surat kabar, majalah dan lain-lain), tetapi telah meluas menjadi media elektronik seperti televisi dan radio.Berdasarkan media yang digunakan, jurnalistik merupakan sebuah cabang ilmu yang memiliki beberapa jenis media, misalnya jurnalistik cetak (print journalism), dan elektronik (electronic journalism), bahkan sekarang sudah berkembang secara tersambung (online journalism).
Jurnalistik merupakan bagian dari dunia mahasiswa yang sudah tidak asing lagi. Perlunya mahasiswa dalam memperlajari jurnalistik akan membawa banyak dampak positif, salah satunya adalah keterampilan mereka di dalam mengelola media massa, sehingga peluang mahasiswa untuk terjun ke dunia jurnalistik terbuka lebar. Dengan menulis mahasiswa bisa melukiskan dan menceritakan seluruh isi dunia yang bisa memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi khalayak.
Mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi yang hususnya jurusan jurnalistik yang bekerjasama dengan mahasiswa fakultas mengadakan pelatihan jurnalistik yaitu yang bertepatan di aula fakultas yang di ikuti oleh tiap jurusan masing masing jurusan mendelegasikan 5 orang.  Acara pelatihan ini berlangsung selama 3 hari, banyak sekali materi yang disampaikan pemateri atau ilmu-ilmu baru yang saya temui, jurnalistik bisa dilihat dari beberapa aspek, jurnalistik 2000 tahun berkembang daerah barat, namun dari persi lain 3000 th lalu jurnalistik sudah di temukan oleh orang orang timur, yang katanya pada waktu itu umat muslim yang pertama kali menemukan jurnalistik, journalistik yaitu banyak sekali bentuknya muali dari media cetak elektronik, media masa, namun yang masih menjadi pedebatatan yaitu media online, apakah termasuk jurnalistik atau bukan, ada yang berpendapat bukan jurnalistik di karnakan tidak mewakili lembaga ketika adanya terjadi permasalahan maka tidak ada yang bertanggung jawab, dan media media online pun mejadi hak milik yang bersifat pribadi, contoh nya seperti facebook, twitter dan sebagainya.
Pada hari pertama dan kedua kegiatan pelatihan masih berlangsung d aula fakultas, namu serunya pada hari ke dua kita di berangkatkan ke tempat perccetakan Koran PR, kita di kenalkan dengan direktur dan para staf bagiannya beserta kinerja masing masing karywannya, kami juga di kenalkan dengan ruang kerja para editor.

JURNALISME DASAR DAN SISTEM INFORMASI PASAR
Tujuan utama jurnalisme adaalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka hidup bebas dan mengatur diri sendiri (Bill Kovach dan Tom Rosenstilel)
Tugas reporter
Reporter harus dapat membuat hal penting menjadi menarik dan relvan.
Penting diperhatikan
·        Sebeapa berpengaruh kejadian itu ?
·        Apakah menyebabkan atau berkemungkinan menyebabakan kerugian besar atau ke untungan besar bagi sebagian besar orang?
·        Makin banyak orang yang terdampak makin penting kejadian itu
Menarik
·        Timeless: setiap berita harus sesuatu yang baru, karena berita adalah memberi tahu karena berita adalah memberi tahu orang tentang apa yang belum mereka mengetahui
·        Persentasi format apa yang paling evektif dalam penyampaian pesan dan informasi.
Relvan
·        Hal yang terpenting bahwa infoermasi itu harus memiliki artitertentu bagi pembaca
·        Orang yang tertarik membaca ada kejadian yang berpengaruh terhadap mereka
 




Nalai berita
·        Dampak: jumlah otrang berpotensi terhadap berita misalnya kebijakan kenaikan harga gabah akan lebih berdampak dibandingkan dengan kenaikan harga daging sapi
·        Kebaruan setiap berita harus memiliki sesuatu yang baru, karena berita memberitahu oorng tentang apa yang mereka belum ketahui.
·        Prominence; untuk kejadian yang sama orang terkenal dengan liputan yang lebih besar.
·        Proximity:cerita ysng berasda dekat dalam lingkungan sendiri lebih memiliki tempat dibandinkan berita yang jauh.
·        Bizzareness:berita unik akan lebih menyita perhatian pembaca.
·        Konflik.
News making
Jurnalisme adalah sebuah discipline pencarian,pengumpulan, penulis data dan informasi
Proses Produksi Berita
 





uli
 






Prinsip penulisan
·        Get it right,write it tight fakta digali secara benar dan tertulis secara ringkas dan jelas
·        Show it, don,t tell it tunjukan/gambarka ukan katakana
Tell the story
Apa yang terjadi?                                     Who?
Siapa yang terlibat                                     what?
Dimana kejadianya                                    where?
Kapan itu terjadi                                        when?
Mengapa itu terjadi                                    why?
Bagaimana kejadianya                                how?
Kenali medianya
Media cetak
Suatu arahan padat modal long lasting, jenis media yang dibedakan dari priode penerbitan isi informs bentuk fisik serta segmen pembqcanya.

Mediabaru
Interaktif bisa diakses apa saja diaman saja selalu apdate 
Media cetak
Bulletin
Madding
Koran
Majalah
Buku
Hanya 1-2 halam kertas
Berisi karya teks dan gambar
Terbit berkala
Terbit berkala
Bahasan sangat mendalam tentang sebuah tema
Isi simple
Dikerjakan beramai ramai
Berisi sesuatu yang baru dan fresh
Bahasan topic lebih leluasa

Padat modal
Biaya murah
Murah
Masa kadaluarsa singkat
Memiliki segmentasi pembaca tertentu
Harga agak mahal
Long lasting
Sangat peraktis
Lebih sperti pengumuman
Kebanyakan menghapus cerita dibalik berita

Collectible
Terbit berkala





Media baru
Web
Blog
Media sosial
Bersifat independen
Lebih interaktif
Lebih popular
Biasanya dikelola oleh propesional
User friendly
Lebih mudah digunakan dan mudah diakses
Lebih variatif
Digunakan scara bersamaan dengan penggunaan lain
Lebih “gaul”

Asisten  redaktur Bandung Raya Pikiran Rakyat, Deni Yudiawan (berdiri), menyampaikan materinya pada Pelatihan Jurnalistik dan Sistem Informasi Pasar Pertanian di Gedung Korpri, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang.  Kegiatan yang diselenggarakan Pikiran Rakyat dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tersebut untuk meningkatkan potensi informasi pertanian di Kabupaten Bandung.
 Sebuah terobosan dilakukan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kab. Bandung dan Harian Pikiran Rakyat ("PR") dengan mengadakan pelatihan jurnalistik dan sistem informasi pasar pertanian.  Pelatihan dilakukan karena sampai saat ini para petani masih terjebak pada mekanisme pasar tradisional sehingga sering mengalami kerugian.
Apabila sedang panen raya pasti harga produk pertanian akan jatuh. Dengan adanya informasi membuat para petani bisa mengetahui kondisi pertanian di daerah-daerah lainnya agar tidak panen bersamaan," kata Ketua HKTI Kab. Bandung, H. Sofian Nataprawira, di Gedung Kopri Kab. Bandung
Padahal, sektor pertanian termasuk perkebunan, hortikultura, dan kehutanan menjadi tulang punggung masyarakat. "Daya saing pertanian Kab. Bandung cukup tinggi apalagi kab. Bandung merupakan sentra sayur mayur seperti di Pangalengan, Kertasari, Ciwidey, dan Rancabali," katanya.
Sektor pertanian juga menyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang besar. "Demikian pula dengan sumbangan pertanian terhadap Indeks Pembangunan Manusia (iPM) juga besar. IPM Kab. Bandung saat ini mencapai 74,2, namun kenyataan di masyarakat bisa berbeda," katanya.



LAMPIRAN
PELATIHAN JURNALISTIK
Tahun:
2013
Komponen:
Sumber Informasi
Sub Komponen:
Pengembangan Pusat Informasi
Propinsi:
Bandung barat
Judul:
Pelatihan jurnalistik
Pelaksana:
Pusat Data dan Informasi Pertanian
Penanggung Jawab:
H.Sofyan Nataprawira
Nara Sumber:
- yudi irawan
-
Tanggal Pelaksanaan:
16-18 januari 2013
Tempat:
Gedung aula fakultas Dakwah dan komunikasi.  
Materi:

Materi pelatihan meliputi:
-teknik membuat berita
-tata cara penulisan
-proses produksi berita
-memberikan informasi pada petani ketika saat akan panen
-upaya penyaluran hasil produksi pertanian.
Sasaran Peserta:
Perkebunan Kabupaten bandung barat, meliputi daerah, pangalengan, kertasari, ciwidey dan Ranca bali
Metode :
- Pemaparan materi
 Diskusi dan tanya jawab
- Teori dan praktek computer
- Analisis dan evaluasi

Manfaat
Melalui kegiatan ini, diharapkan tenaga pengelola informasi pasar dapat melakukan inputing data informasi pasar secara offline, melakukan verifikasi data, dan sekaligus melaksanakan pengiriman data secara online.

KESIMPULAN
Dari pelatihan yang saya ikuti saya mengambil kesimpulan bahwa, pelatihan ini ditunjukan untuk para calon jurnalisme yang ingin meliput berita,tata cara peroduksi berita, cara pembuatan berita, perinsip penulisan dan masih banyak lainya. Pelatihan ini diadakan di daerah sorengan karena tidak hanya para calon jurnalisme saja tapi bekerja sama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HIKTI). Upaya ini dilakukan agar para peliput berita bisa memberikan informasi yang relepan kepada para petani yang ada didaerah Kabupaten Bandung Barat khususnya daerah Ranca Bali, Ciwidey, Kertasari dan Pangalengan.
Adanya pelatihan ini mendorong kepada para petani dan jurnalis agar memberikan informasi kepada para petani yang tergolong petani suka terjebak pada pasar teradisional. Maka yang harus dilakukan petani harus update tentang informasi pertanian agar nilai jual tidak selalu rendah dan bisa mengetahi agar banyaknya sayuran bisa tidak sama dalam menanam. Maka dari berbagai poten pertanian yang ada di kabupaten bandung bisa lebih sejahtera dan bisa meningkatkan produksi yang lebih melimpah.

0 komentar:

Posting Komentar