Resensi Buku MANAJEMEN PELATIHAN DAKWAH

Nama         : Jaka Billal Gumbira
Kelas          : MD A/IV
Nim            : 1210403022

RESENSI BUKU
Judul Buku    : Manajemen Pelatihan Dakwah
Penulis           : Aep Kusnawan, S.Ag, M.Ag. dan Aep Sy. Firdaus, Drs, M.Pd.
Penerbit     : PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Pencetak    : PT Asdi Mahasatya, Jakarta.   
Harga         : Rp. 45.000,00,-
Tebal         : xvii + 264 Halaman; 20,5 cm.
No.ISBN     : 978-979-518-970-1
Cetakan     : Cetakan ke- 1, Agustus 2009.
Tahun cetak     : November 2009.
Jenis Buku     : Buku Referensi Perguruan Tinggi
Buku Manajemen Pelatihan Dakwah ini tidak terlepas rumpun ilmu utamanya ilmu dakwah. Sebagaimana dimaklum, bahwa dakwah secara bahasa berarti ajakan, seruan, undangan dan panggilan. Sedangkan secara istilah, berarti seruan untuk mengikuti sesuatu dengan cara dan tujuan tertentu. Ketika dakwah dikaitkan dengan islam, pengertiannya berarti seruan kejalan Allah yang melibatkan unsur-unsur penyeru, pesan, metode, obyek, dan tujuan. Dengan kata lain, menurut Muhammad al-Bahy, berarti mengubah situasi ke situasi yang lebih baik sesuai dengan ajaran islam.
Buku ini mencoba untuk menguraikan lebih lanjut tentang Manajemen Pelatihan Dakwa. Didalamnya terdapat tiga dimensi besar, yaitu manajemen pra-pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan pasca-pelatihan. Beberapa sub bahasan yang terkategori ke dalam pra-pelatihan adalah perencanaan pelatihan dan pengorganisasian pelatihan. Sedankan bahasan yang terkategori kedalam pelaksanaan pelatihan: pelaksanaan pelatihan dan pengawasan. Adapun yang termasuk kedalam pasca-pelatihan yaitu: evaluasi pelatihan, pelaporan pelatihan dan follow up pelatihan. Masing-masing bahasan diatas dipilah ke dalam  tiap-tiap bab.
Peta Konsep

Kelebihan dan kekurangan isi buku ini :
A.    Kelebihan buku ini :
    Ide-ide pokok yang diuraikan sesuai dengan tujuan penulisan buku.
     Pengungkapan  ide-ide pokok dalam buku ini tersusun secara sistematik antara bagian satu dengan bagian lainnya tersusun secara harmonis.
    Penulisan kata maupun kosakata yang sesuai dengan kemampuan umum, artinya buku ini tidak sangat di khususkan bagi kalangan tertentu.
    Pemaparan materi yang sistematis dari bab yang satu ke bab yang lainnya.
    Pemaparan materi yang disertai contoh, ini sangat memudahkan pembaca untuk memahami maksud dan tujuan dalam buku ini.
B.    Kekurangan buku ini :
    Desain sampul atau cover kurang sesuai dengan materi yang disajikan.
    Materi yang sempit karena hanya membahas tiga materi besar, yaitu: Manajemen, Pelatihan, dan Dakwah.
    Pendahuluan buku yang terlalu berterus terang sehinga sebagian pembaca yang merasa tidak sesuai dengan apa yang dituliskan dalam pendahuluan akan terkurangi minatnya.
Pada akhir resensi ini, saya akan memberikan saran dengan tidak mengurangi rasa hormat dan ta’dim saya terhadap penulis, demi kebaikan kita semua dalam menyusun dan menulis buku selanjutnya, yaitu supaya penulis bisa lebih memperhatikan gaya bahasa dan penulisan agar lebih sederhana dan mudah dipahami baik oleh pihak mahasiswa maupun pihak umum, dan selain itu mohon adanya untuk lembar daftar pustaka meskipun dalam pemaparan diserti footnote tapi alangkah baiknya jika footnote itu juga dilembarkan dalam lembaran khusus karena sebagaimana kebanyakan buku-buku kajian ilmu pengetahuan khususnya selalu disertai daftar pustaka yang dilembarkan dalam lembaran khusus. Dan kesimpulan akhir dari saya bahwa buku ini lebih layak dibaca oleh kalangan pelajar saja khususnya para mahasiswa yang sedang menempuh dunia perkuliahan di perguruan tinggi dan lebih khusus lagi mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah.

0 komentar:

Poskan Komentar