Para pakar
pendidikan dan psikologi di Indonesi banyak memberikan pandangan dan
analisisnya terhadap mutu pendidikan, tetapi hingga saat ini tidak pernah
tuntas, bahkan muncul masalah-masalah pendidikan yang baru. Masalah mutu
pendidikan yang banyak dibicarakan adalah rendahnya hasil belajar peserta
didik. Padahal kita tahu, bahwa hasil belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai
faktor, antara lain sikap dan kebiasaan belajar, fasilitas belajar, motovasi,
minat, bakat, pergaulan, lingkungan keluarga, dan yang tak kalah pentingnya
adalah kemampuan profesional guru dalam melakukan penilaian hasil belajar itu
sendiri.
Menyinggung
tentang kemampuan profesional guru dalam melakukan penilaian proses dan hasil
belajar, memang masih sangat kurang. Kebanyakan guru melakukan penilaian lebih
menekankan pada hasil belajar, sedangkan proses belajar kurang diperhatikan
bahkan cenderung diabaikan. Padahal, proses belajar sangatlah menentukan hasil
belajar.
Download File
Posting Komentar