LANGKAH-LANGKAH MERESENSI BUKU

1. Penjajakan atau pengenalan terhadap buku yang diresensi.
a. Mulai dari tema buku yang diresensi, disertai diskripsi isi buku.
b. Siapa penerbit yang menerbitkan buku itu, kapan dan dimana diterbitkan, tebal ( jumlah bab dan halaman ), format hingga harga.
c. Siapa pengarangnya : nama, latar belakang pendidikan, reputasi dan prestasi, buku atau karya apa saja yang ditulis hingga mengapa ia menulis buku ini.
d. Buku itu termasuk golongan buku yang mana : ekonomi, tehnik, politik, pendidikan, psikologi, sosiologi, filsafat, bahasa atau sastra.
2. Membaca buku yang akan diresensi secara konfrehensif, cermat dan teliti. Peta permasalahan dalam buku itu perlu difahami secara tepat dan akurat.
3. Menandai bagiaan-bagiaan buku yang diperhatikan secara khusus dan menentukan bagian-bagian yang dikutip untuk dijadikan data.
4. Membuat sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi.
5. Menentukan sikap dan menilai hal-hal berikut ini.
a. Organisasi atau kerangka penulisan; bagaimana hubungan antara bagian yang satu dan bagian yang lain, bagaimana sistematikanya dan bagaiana dinamikanya.
b. Isi pertanyaan; bagaiana bobot idenya, bagaimana analisanya, bagaimana penyajian datanya, dan bagaimana kreatif pemikirannya.

c. Bahasa; bagaimanaejaan yang disempurnakan diterapkan, bagaimana kalimat dan penggunaan katanya, terutama untuk buku ilmiah.
d. Aspek teknis; bagaimana tata letak, bagaimana tata wajah, bagaimana kerapian dan kebersihan dan pencetakannya ( banyak salah cetak atau tidak ).
Sebelum menilai alangkah baiknya jika terlebih dahulu di buat semacam garis besar ( outline ) dari resensi itu. Outline ini sangat membantu kita ketika menilis.
6. Mengoreksi dan merevisi hasil resensi dengan menggunakan dasar dasar dan kriteria yang kita tentukan sebelnya.

Selain kita harus mengetahui langkah-langkah meresensi buku, kita juga harus tahu unsur-unsur meresensi buku.
UNSUR-UNSUR RESENSI BUKU
1) Membuat judul resensi
2) Menyusun data buku
3) Membuat pembukaan ( lead )
4) Tubuh atau isi pernyataan resensi buku
5) Penutup resensi buku
Bagian penutup biasanya berisi buku itu penting untuk siapadan mengapa.

0 komentar:

Posting Komentar