LAPORAN OBSERVASI YAYASAN AL-QUTUB




I.                   Latar Belakang
Yayasan Al-Qutub yang didirikan oleh Dr. Suhaya Setia Praja, pertama kali Yayasan Al-Qutub ini berdiri di Tasikmalaya, kemudian mendirikan cabang di Indramayu dan subang, dan Yayasan Al-Qutub mendirikan cabang di kota bandung pada 20, Juli, 2010, Yang beralamat di Cipadung, Jln Permai 5, Cibiru, Kota Bandung.  
Yayasan Al-Qutub didirikan bertujuan untuk menyatukan para pemuda-pemudi islam agar bersatu untuk membangun suatu wadah untuk mensejahterakan masyarakat lingkungan, dengan salah satunya pengelolaan yayasan yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat.  
       Yayasan Al-Qutub beralasan mendirikan cabang di cipadung permai karna dekat dengan campus UIN Bandung. Karena target Yayasan Al-Qutub ialah ingin merekrut lebih banyak mahasiswa UIN Bandung dan Alumni UIN Bandung untuk bersama-sama membangun yayasan Al-Qutub untuk mensejahterakan masyarakat bandung, juga yang menjadikan ladang penghasilan bagi pemuda-pemudi islam bandung kususnya untuk mahasiswa UIN Bandung yang sejak awal oleh yayasan ini telah di targetkan. 

II.                Manajemen yang di jalankan yayasan Al-Qutub diantaranya

-          Koprasi Al-Qutub yang dikelola oleh para pemuda-pemudi yayasan Al-Qutub.
-          Penerimaan para santri baru yayasan Al-Qutub.
-          Pengelolaan mesjid dan musolah sekitar cipadung oleh pemuda/ santri yayasan Al-Qutub.

III.             Kiprah yayasan Al-Qutub di masyarakat diantaranya;

-          Penyelenggaraan Baksos.
-          Penyelenggaraan khitan masal.
-          Penyelenggaraan dzikir bersama stiap malam jumat.
-          Penyelenggaran istighosah bersama setiap jumat kliwon.
-          Penyelenggaraan pengajian untuk anak-anak ba’da maghrib.
-          Penyelnggaraan pengajian untuk remaja satu minggu sekali.

IV.             Kendala yayasan Al-Qutub diantaranya;

-          Kurangnya pengurus yayasan Al-Qutub, karna yayasan Al-Qutub ini yayasan yang baru berdiri tahun 2010, sehingga pemuda-pemudi, masyarakat luas belum begitu tau yayasan Al-Qutub dan letak yayasan tersebut.

·         Catatan:
 Untuk keuangan yayasan Al-Qutub tidak bermasalahn karna yayasan Al-Qutub ini sudah bekerja sama dengan banyak donatur, karna yayasan Al-Qutub sudah berdiri di sebagian kota di jawa barat.

·         Catatan Akhir

Yayasan Al-Qutub ini menurut saya yayasan yang sangat bagus, karna ingin menyatukan pemuda-pemudi untuk membangun dan bergotong royong untuk mensejahterakan masyarakat sekitar. Dan jurusan Manajemen Dakwah menurut saya sangat cocok untuk mengamalkan ilmu manajemen dakwahnya terutama ilmu manajemen nirlaba di yayasan Al-Qutub.

0 komentar:

Poskan Komentar